CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC)
Vol 1, No 1 (2015)

PENERAPAN MEDIA FLOW CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA PADA MATERI KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DI KELAS VII MTS PERDAMEAN SIGAMBAL KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Marlina Siregar (STKIP Labuhanbatu)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2015

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar dengan penerapan menggunakan penerapan flow card untuk meningkatkan hasil belajar pkn siswa pada materi kemerdekaan mengemukakan pendapat di kelas VII MTS perdamean sigambal kabupaten labuhanatu tahun pelajaran 2013/2014. Penelititan ini dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap guru (penilitan) dan siswa, observer pelaksanaan penelitian dilakukan oleh dua orang rekan penelitian. Pengamatan dilakukan terhadap 50 orang siswa. Indicator keberhasilan penelitian meliputi: persentase penelitian hasil, ketuntasan belajar, dan hasil observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes siswa yang termaksud criteria tuntas belajar. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I  sebesar 52 %  hal ini belum mencapai kriteria ketuntasan secara klasikal karena belum mencapai > 85%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 83,18 serta terdapat 46 siswa yang termasuk kedalam kretireia tuntas  dalam belajar. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus II sebesar 92% dan mencapai kriteria ketuntasan klasikal berdasarkan  persentase rata-rata siswa yang aktif pada siklus I dan siklus II diperoleh peningkatan aktivitas siswa yaitu siklus I rata-rata tingkat persentase keaktifan siswa yaitu 51,26% dan pada siklus II meningkat menjadi 76,5 % dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa penelitian dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: media kartu soal, hasil belajar

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

civic

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

CIVITAS : Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Maret dan September, berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, dosen dan mahaiswa dalam disiplin ilmu kependidikan dan pembelajaran serta ...