cover
Contact Name
Panggih Nur Adi
Contact Email
panggi.s3@gmail.com
Phone
+6285215900604
Journal Mail Official
panggi.s3@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC)
ISSN : 24606111     EISSN : 26852063     DOI : 10.36987
CIVITAS : Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Maret dan September, berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, dosen dan mahaiswa dalam disiplin ilmu kependidikan dan pembelajaran serta ilmu civic umumnya. CIVITAS : Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan PKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Labuhan Batu. Dewan Editor menerima tulisan terpilih berupa hasil penelitian, review atau artikel bidang pendidikan, pembelajaran dan sains yang sudah diringkas untuk dipertimbangkan pemuatannya, dengan frekuensi terbit secara berkala 2 (dua) kali setahun. Naskah disampaikan ke dewan editor paling lambat dua bulan sebelum penerbitan atau akhir bulan Januari dan Juli pada setiap tahunnya. Naskah yang dimuat merupakan pandangan dari penulis, Dewan Editor hanya menyunting naskah sesuai format dan aturan yang berlaku tanpa mengubah substansi naskah.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 108 Documents
PAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOMPERATIF TIFE STAD PADA KONPENSI DASAR MENDESKRIFSIKAN HAKIKAT DEMOKRASI KELAS VIII SMP NEGERI 3 MONTONG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Marlina Siregar
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.363 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v1i1.1096

Abstract

Untuk mengetahui peranan Hasil Pembelajaran Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Komperatif Tife Stad Pada Konpensi Dasar Mendeskrifsikan Hakikat Demokrasi Kelas mengenai Pendidikan Kewarganegaraan dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran PKn dengan kompetensi dasar mendiskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya meningkatkan hasil belajar
PENERAPAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA VIII SPM NEGERI 2 SATU ATAP PANGKATAN LABUHANBATU TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Marlina Siregar
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.451 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v1i1.1516

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan Metode Brainstorming Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap Pangkatan Labuhanbatu Tahun Pelajaran 2013/2014. Alat pengumpul data penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar PKn dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 10 soal, dan nilai kriteria ketuntasan minimal 1 (KKM) adalah 70. Pembelajaran dengan menggunakan metode curah pendapat (Brainstorming) dapat membuat siswa termotivasi dan semangat dalam mempelajari materi-materi kemerdekaan mengemukakan pendapat sehingga hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata siswa pada pre-test adalah 53,43 dan siswa yang tuntas belajar hanya 10 orang (31,25%). Pada post-test siklus I nilai rata-rata siswa adalah 64,37 dan siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 20 orang siswa (62,5%). Pada Post-test siklus II nilai rata-rata siswa adalah 85,93% dan siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 29 orang siswa (90,62%). Siswa yang belum tuntas adalah 3 orang siswa (9,37%). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dibuktikan dari meningkatnya nilai siswa dari pre-test, pro-test I dan pro-test II. Hasil tes belajar inilah yang menunjukkan bahwa kemampuan siswa  dalam belajar pada materi kemerdekaan mengemukakan pendapat mengalami peningkatan. Kata Kunci : hasil belajar, Brainstorming, Metode Belajar
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MEDIA GAMES PUZZLE DENGAN MEDIA CHARTA MATERI POKOK PELAKSANAAN DEMOKRASI DI BERBAGAI ASPEK KEHIDUPAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 RANTAU UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 Agus Anjar
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 1, No 2 (2015)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.477 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v2i1.1087

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran games puzzle dengan media charta pada materi pokok Pelaksanaan Demokrasi di Berbagai aspek kehidupan di Kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Utara T.P. 2015/2016 terdiri dari 6 Kelas dengan jumlah siswa sebanyak 210 siswa. Sampel dalam penelitian ini dibagi atas 2 Kelas yang diambil secara acak dan masing-masing Kelas berjumlah 34 siswa. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa test pilihan berganda sebanyak 25 soal. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media games puzzle dengan rata-rata X1 = 73,06 dan SD = 9.05 dan rata-rata untuk kelas yang diajarkan dengan menggunakan media charta adalah X2 = 60.82 dan SD = 7.85. adanya perbedaan hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,01, dimana thit < ttab (3,49 >2,36) yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan. Hasil belajar yang menggunakan media games puzzle dengan media charta pada materi pokok Pelaksanaan Demokrasi di Berbagai Aspek Kehidupan di Kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Utara T.P. 2015/2016
PENGARUH PENERAPAN MODEL AKTIF TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PKN KELAS XI DI SMA NEGERI 2 KAMPUNG RAKYAT KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016 Murni Budiati
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.859 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v2i1.1488

Abstract

Model Pembelajaran Team Quis merupakan model pembelajaran yang dapat mempermudah proses penerimaan materi pelajaran yang akan di sampaikan pendidik dengan memilih model yang lebih variatif dan sudah barang tentu mempermudah pencapaian keberhasilan tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Team Quis pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI (Sebelas) SMA Negeri 2 Kampung Rakyat yang berjumlah 137 orang, dan yang menjadi sampel penelitian sebanyakk 70 orang siswa kelas XI 2 dan kelas XII 2 .Model Penelitian menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Untuk hubungan metode pembelajaranTeam Quis (Variabel X ) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ( Variabel Y ) , dilakukan korelasi product moment diperoleh rhitung> rtabel ,Dengan demikian menunjukkan Terhadap pengaruh yang positif dan signifikan antara pembelajaran Team Quis terhadap hasil belajar siswa kelas XI (Sebelas ) SMA Negeri 2 Kampung Rakyat Tahun Pelajaran 2015/2016 dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Maka dengan Model Team Quis peneliti dapat menerapkan di sekolah dan dapat di gunakan oleh guru yang ada di sekolah sebagai model pembelajaran yang menyenangkan,dengan kata lain model team Quis ini dapat merubah hasil belajar siswa lebih baik dari sebelumnya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di SMA Negeri 2 Kampung Rakyat,kecamatan Kampung Rakyat di peroleh data-data yang menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Aktif Team Quistergolong tinggi dalam mata pelajaran Pkn. 
PERLINDUNGAN NEGARA TERHADAP KEBEBASAN BERAGAMA DI INDONESIA MENURUT UNDANG-UNDANG DASAR 1945 Andrew Shandy Utama; Toni Toni
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 6, No 2 (2020)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.596 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v2i1.1072

Abstract

Hak asasi manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia. Salah satu hak asasi manusia adalah hak untuk beragama. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perlindungan negara terhadap kebebasan beragama di Indonesia menurut Undang-Undang Dasar 1945. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa menurut Undang-Undang Dasar 1945, setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, serta berhak atas kebebasan menyakini kepercayaan, menyatakan pikiran dan sikap sesuai dengan hati nuraninya. Selain itu, negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu. Meskipun demikian, hanya ada enam agama yang diakui di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1965 tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Khonghucu.
IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) STUDI KASUS DI DESA BELONGKUT KECAMATAN MARBAU KABUPATEN LABUHANBATU UTARA TAHUN 2016 Risky Kurnia Dewi
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (677.39 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v1i1.1042

Abstract

Jaminan Kesehatan Masyarakat (JamKesMas) merupakan bantuan sosial untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin dan tidak mampu. Program ini diadakan sesuai ketentuan dalam Undang- Undang Dasar 1945 pasal 28H dan Undang- Undang nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan menetapkan bahwa kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita- cita bangsa Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pancasila dan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Masyarakat (JamKesMas) pada tahun 2016 di Desa Belongkut Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara. Penelitian ini termasuk jenis penelitian secara deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif dengan jumlah pruposive sampling sebanyak 80 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan bantuan metode observasi, kuesioner, dan wawancara. Data yang didapat dari lapangan ditabulasikan dalam bentuk tabel, kemudian dijelaskan secara terperinci. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari lapangan dapat dibuat kesimpulan bahwa pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Masyarakat (JamKesMas) di Desa Belongkut Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara menyatakan dalam kategori rendah dikarenakan belum terlaksana secara baik dan maksimal. Hal ini dilihat dari persentase rata-rata kualitatif yang berjumlah 54,83 %.
STUDI PERILAKU MEMILIH MASYARAKAT PADA PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF 9 APRIL 2014 DI KECAMATAN RANTAU UTARA KABUPATEN LABUHAN BATU TAHUN 2017 Dawil Albi
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 3, No 1 (2017)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.57 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v1i1.1429

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku memilih masyarakat danf aktor-faktor yang mempengaruhi perilaku memilih masyarakat Kecamatan Rantau Utara. Latar belakang Masalah yang ada di kecamatan Rantau Utara lebih kepada Rasional dan Sosiologis, dimana, Rantau Utara ini adalah daerah perkotaan yang memiliki fasilitas yang baik sehingga masyarakat lebih cerdas dalam menentukan pilihan,tidak seperti daerah yang terpinggirkan yang masih bisa dipengaruhi oleh para politik dengan memberikan money politik kepada masyarakat  Pada pemilihan umum legislatif 9April 2014 dikecamatan Rantau Utara. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Rantau Utara merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang menjabarkandengankata-kata.Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu dataprimer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara dengan 5 komisioner , Lurah, Kepala Dusun, Tokoh Masyarakat Kecamatan Rantau Utara dan Angket  kepada masyarakat dan Teknik analisis data. Dalam penelitian ini adalah Reduksi data penarikan kesimpulanberdasarkan data-data, buku,dan hasil wawancara.Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa perilaku memilih masyarakat Kecamatan Rantau Utara adalah Rasional danSosiologis di karenakan letak wilayah, jumlah penduduk di kecamatan Rantau Utara. Kesimpulan penelitian ini yaitu bahwa kecamatan Rantau Utara perilaku memilih Masyarakatnya sebagian besar dipengaruhi oleh kedekatan sosiologis, Namun sebagian besar masyarakat Kecamatan Rantau Utara perilaku memilihnya adalah Rasional, akan tetapi perilaku memilih masyarakat ada juga di pengaruhi oleh politik uang, Hadiah yang diberikan para calon, serta janji yang diberikan oleh calon Legislatif. Saran kepada KPU, Bagaimana Pemilu lebih baik lagi kedepannya.Kepada Pemerintah Daerah,Bagaimana DPT supaya memberikan data yang valid. Kepada Partai politik, Bagaimana parpol memberikan fungsinya dan tidak melakukan money politik . Kepada Masyarakat, Bagaimana masyarakat harus cerdas dalam menentukan pilihan dan tidak terpengaruh oleh politik uang. Kata Kunci : Perilaku memilih, Pemilu
PERAN MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009 PASAL 70 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DI DESA AIR MERAH KECAMATAN KAMPUNG RAKYAT KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN TAHUN 2014.RANTAU PRAPAT Agus Anjar
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.875 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v2i1.1092

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran serta masyarakat terhadap perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Desa Air Merah Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Penelitian ini adalah merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan masyarakat Desa Air Merah Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan sebanyak 884 kepala keluarga (KK) dengan sampel sebanyak 50 kepala keluarga(KK). Alat yang digunakan untuk memperoleh data penilaian ini adalah Observasi,Angket,dan Wawancara. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif selanjutnya penulis akan menganalisis data dengan menggunakan rumus tabel frekuensi. Bentuk peran serta masyarakat sesuai UUPPLH Nomor 32 Tahun 2009 Pasal 70 dan bentuk pengawasan sosial sebesar 50% menjaga kebersihan lingkungan,memelihara dan melestarikan lingkungan tempat tinggalnya. Bentuk pemberian saran,pendapat,usul atau pengajuan sebesar 30%. Serta 14% dalam bentuk peran serta yang dilakukan adalah dalam bentuk penyampaian informasi atau laporan yang berhubungan dalam kegiatan pengelolaan lingkungan. Untuk itu perlu ditumbuhkan partisipasi aktif masyarakat yang digunakan dengan menumbuhkan adanya rasa kesadaran dan tanggung jawab masyarakat yang tercermin dengan adanya perubahan sikap mental,pandangan hidup,cara berfikir,dan cara kerja.
PENERAPAN MEDIA FLOW CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA PADA MATERI KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DI KELAS VII MTS PERDAMEAN SIGAMBAL KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Marlina Siregar
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.871 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v1i1.1502

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar dengan penerapan menggunakan penerapan flow card untuk meningkatkan hasil belajar pkn siswa pada materi kemerdekaan mengemukakan pendapat di kelas VII MTS perdamean sigambal kabupaten labuhanatu tahun pelajaran 2013/2014. Penelititan ini dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap guru (penilitan) dan siswa, observer pelaksanaan penelitian dilakukan oleh dua orang rekan penelitian. Pengamatan dilakukan terhadap 50 orang siswa. Indicator keberhasilan penelitian meliputi: persentase penelitian hasil, ketuntasan belajar, dan hasil observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes siswa yang termaksud criteria tuntas belajar. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I  sebesar 52 %  hal ini belum mencapai kriteria ketuntasan secara klasikal karena belum mencapai > 85%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 83,18 serta terdapat 46 siswa yang termasuk kedalam kretireia tuntas  dalam belajar. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus II sebesar 92% dan mencapai kriteria ketuntasan klasikal berdasarkan  persentase rata-rata siswa yang aktif pada siklus I dan siklus II diperoleh peningkatan aktivitas siswa yaitu siklus I rata-rata tingkat persentase keaktifan siswa yaitu 51,26% dan pada siklus II meningkat menjadi 76,5 % dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa penelitian dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: media kartu soal, hasil belajar
PERAN PEMERINTAH KECAMATAN RANTAU SELATAN DALAM MENANGGULANGI PEREDARAN NARKOBA (STUDI KASUS: KELURAHAN SIOLDENGAN DI KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN 2016-2017 Dahliana Harahap
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.694 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v2i1.1082

Abstract

Penelitian ini merupakan bahwa peran pemerintah dalam menanggulangi peredaran narkoba sangatlah dibutuhkan, dalam belakangan ini narkoba adalah musuh dari bangsa diseluruh dunia Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pemerintah dalam pencegahan peredaran narkotika di Kecamatan Rantau selatan Kabupaten Labuhanbatu tahun 2016-2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Yang memberi informasi atau keterangan (informan) adalah Camat Rantau selatan, Lurah sioldengan, Kepala Lingkungan, Kasat Narkoba labuhanbatu, Organisasi granat,Pengguna Narkoba Tekhnik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang di lakukan terdapat beberapa hal yang harus di ketahui yaitu: Kecamatan Rantau Selatan memiliki peran dalam mencegah peredaran narkoba di buktikan dengan data penelitian oleh peneliti tentang peran pemerintahan. Dari penelitian yang sudah di lakukan di peroleh data-data yang menunjukan bahwa Kecamatan kelurahan kepala lingkungan serta kasat narkoba berperan aktif dalam pencegahan peredaran narkoba di Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu tahun 2016-2017

Page 1 of 11 | Total Record : 108