CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC)
Vol 1, No 2 (2015)

Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkat Hasil Belajar PKn Siswa dikelas VII2 SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu.

Petrus Petrus (STKIP Labuhanbatu)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2015

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa Kelas VII2 SMP Negeri 2 Rantau Selatan, dimana terdapat siswa-siswi yang minat belajar rendah khususnya kelasVII2, dimana siswa-siswi menghasilkan hasil belajarnya rendah, siswa sering tidak mengerjakan PR, bolos pada jam pelajaran sekolah, sering menggangu teman. Penelitian ini memperoleh hasil  yaitu : 1) mengetahui sudah sejauh mana SPBM itu meningkat hasil belajarnya; 2) mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn ; 3) mengetahui interaksi antara perhatian SPMB minat belajar siswa dalam proses belajar disekolah. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII2 SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu. Populasi berjumlah 311 orang dan sampel berjumlah 39 orang. Sampling dilakukan dengan teknik random sampling. Metode penelitian ini adalah korelasi. Analisis data yang dilakukan dengan mengunakan korelasi Tahapan Siklus I, II, Tahapan Persiapan, Pelaksanaan, Obsevasi, Refleksi deskritif kualitatif dimana memberikan berupa evaluasi soal tes tertulis pada setiap akhir siklus dan menyimpulkan hasil temuan melalui observasi, Angket. Dimana dalam penelitian nilai perhatian SPBM menigkat 65%, minat belajaar siswa 97% , dan hasil belajar pendidikan kewarga negaraan 96% dari semua jumlah siswa sampel yang diambil sebanyak 39 orang siswa dikelas VII2 SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu, setelah menggunakan metode penerapan strategi berbasis masalah. Kata Kunci : Penerapan Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah           (SPMB).

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

civic

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

CIVITAS : Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Maret dan September, berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, dosen dan mahaiswa dalam disiplin ilmu kependidikan dan pembelajaran serta ...