Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
Vol 10, No 2 (2019): Oktober

IMPLEMENTASI ALAT PEMBERI PAKAN TERNAK MENGGUNAKAN IOT UNTUK OTOMATISASI PEMBERIAN PAKAN TERNAK

Fenty Ariani (Universitas Bandar Lampung)
Arnes Yuli Vandika (Universitas Bandar Lampung)
Handy Widjaya (Universitas Bandar Lampung)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2019

Abstract

Penerapan teknologi IOT (Internet Of Things) pada pemberian pakan ternak dalam ruang lingkup peternakan ayam dirasa dapat menjadi sebuah alternative dalam penyelesaian sebuah masalah efektifitas dalam beternak itu sendiri. Sejauh ini, masalah ketepatan dalam pemberian menjadi salah satu masalah yang banyak mendapat perhatian dari para peternak ayam, karena jika bicara mengenai ketepatan dalam pemberian pakan selalu merujuk kepada efisiensi waktu, jumlah pakan dan sebagainya yang akan mengganggu kestabilan lainnya. Dalam penerapannya IOT (Internet Of Things) ini sendiri mengusung penerapan alat pemberi pakan otomatis sebagai salah satu fitur yang dapat membantu dalam pengaturan pakan, tidak seperti member pakan secara manual pada umumnya, alat pemberi pakan otomatis adalah sebuah teknologi yang mampu meminimalisir kelebihan maupun kekurangan dalam pemberian pakan pada ternak. Penggunaan alat yang tepat dan lainnya juga harus diperhitungkan, disini alat pemberi pakan ternak otomatis sendiri menerapkan IOT (Internet Of Things) dengan keunggulan dalam pemberian notifikasi maupun otomatisasi alat, tetapi permasalahan yang didapatkan justru kembali pada masalah peternak, dimana setiap peternakan menggunakan metode beternak manual yang berbeda. Sehingga dilakukanlah sebuah cara efektifitas yang dibangun dalam MicroController menggunakan bahasa yang dimengerti oleh perangkat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

explore

Publisher

Subject

Other

Description

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika menyajikan artikel/naskah dalam bidang teknologi informasi khususnya dalam Fokus pada 5 kelompok keilmuan di Informatika yaitu : Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Sistem Informasi, Jaringan, Multimedia dan ...