Attadib: Journal of Elementary Education
Vol 3, No 2 (2019): ATTADIB: Journal of Elementary Education

Peningkatan Keterampilan Bercerita Melalui Media Wayang Sukuraga Berbasis 5 Karakter Di Kelas Tinggi

Asha Dena Juliana (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Iis Nurasiah (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Aditia Eska Wardana (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2020

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita melalui media wayang sukuraga berbasis 5 karakter di kelas tinggi SDN Selabintana Wetan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan desain model siklus Kemmis dan Mc.Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SDN Selabintana Wetan yang berjumlah 22 orang siswa. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus yang dilengkapi dengan pengumpulan data berupa wawancara, lembar observasi, hasil tes, hasil dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian pretest siswa yang memperoleh ketuntasan klasikal 18% atau sejumlah 4 orang siswa mencapai nilai KKM dan 82% atau 18 orang siswa yang belum mencapai nilai KKM, pada siklus I yang memperoleh ketuntasan klasikal sebanyak 77% atau sejumlah 17 orang siswa dan 23% atau 5 orang siswa yang belum mencapai nilai KKM dan pada siklus II memperoleh ketuntasan klasikal 95% atau 21 orang siswa dan 5% atau 1 orang siswa yang belum mencapai KKM. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan media wayang sukuraga berbasis 5 karakter dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa di kelas V siswa di SDN Selabintana Wetan tahun ajaran 2019-2020.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

attadib

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Attadib: Journal of Elementary Education is a peer-reviewed journal to discuss about new findings in basic education especially at primary/elementary schools. This journal is publishing original research articles and case studies focused on basic education. All papers are peer-reviewed by at least ...