JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)
Vol 3, No 1 (2017)

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN MELALUI METODE TALKING STICK

Musaroh, Musaroh (Sekolah Dasar Negeri 2 Gador)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar prestasi belajar matematika siswa SD, khususnya pada materi penjumlahan dan pengurangan melalui penerapan metode talking stick. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang rancangannya meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 SDN Gador 2 tahun pelajaran 2014/2015.Instrumen penelitian meliputi lembar tes, lembar observasi, lembar wawancara, dokumentasi dan perangkat pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya metode pemberian balikan terbukti mampu meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu terjadinya peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I 78,57 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa 71,43% meningkat pada siklus II menjadi 91,43 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa 100%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jp2m

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JP2M is stands for Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. JP2M is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Mathematics Education Department of STKIP PGRI Tulungagung. JP2M disseminates new research results in all areas of mathematics, mathematics ...