Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 6, No 54 (2018): Jurnal Surya Bahtera

STUDI KASUS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA GURU BAHASA INDONESIA DI SMP PGRI 1 BUAYAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Bangkit Mulyanto (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Purworejo Jl. KH. Ahmad Dahlan 6 Purworejo 54111)
Sukirno Sukirno (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Purworejo Jl. KH. Ahmad Dahlan 6 Purworejo 54111)
Umi Faizah (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Purworejo Jl. KH. Ahmad Dahlan 6 Purworejo 54111)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2018

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) aktivitas guru bahasa Indonesia di SMP PGRI 1 Buayan dalam mengatur dan mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran; (2) aktivitas guru Bahasa Indonesia di SMP PGRI 1 Buayan dalam melaksanakan pembelajaran saintifik; dan (3) aktivitas guru bahasa Indonesia di SMP PGRI 1 Buayan dalam mengevaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia di SMP PGRI 1 Buayan dan objek dari penelitian ini adalah kurikulum 2013. Waktu penelitian pada bulan September sampai dengan bulan Agustus 2018. Tempat penelitian di SMP PGRI 1 Buayan. Fokus penelitian  ini pada implementasi kurikulum 2013 pada guru bahasa Indonesia di SMP PGRI 1 Buayan tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan metode analisis kualitatif. Teknik penyajian menggunakan teknik informal. Hasil penelitian ini disimpulkan: (1) guru bahasa Indonesia di SMP PGRI 1 Buayan dalam menyusun sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sudah sesuai berdasarkan Permendikbud Nomer 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum; (2) guru bahasa Indonesia di SMP PGRI 1 Buayan mengerti tentang pembelajaran saintifik, tetapi dalam mengimplementasikan pembelajaran saintifik tidak dapat dikatakan keseluruhannya berhasil dalam mengimplemen-tasikan kelima langkah pembelajaran saintifik; (3) guru bahasa Indonesia di SMP PGRI 1 Buayan belum dapat dikatakan sesuai dengan Ditjen Dikdasmen tahun 2017 tentang Pedoman Penilaian dalam mengevaluasi pembelajaran.   Kata kunci: implementasi, kurikulum 2013, guru Bahasa Indonesia

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bahtera

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Bahtera merupakan jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya. Jurnal ini sebagai media publikasi karya tulis ilmiah yang dihimpun oleh Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Muhammadiyah Purworejo ...