Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 6, No 54 (2018): Jurnal Surya Bahtera

ANALISIS GAYA BAHASA NOVEL MEMELUK KEHILANGAN KARYA FAISAL SYAHREZA DAN RENCANA PELAKSAANYA DENGAN TEKNIK INKUIRI PADA SISWA DI KELAS XII SMK

Erma Wijiatun (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Purworejo Jl. KH. Ahmad Dahlan 6 Purworejo 54111)
Sukirno Sukirno (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Purworejo Jl. KH. Ahmad Dahlan 6 Purworejo 54111)
Suryo Daru Santoso (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Purworejo Jl. KH. Ahmad Dahlan 6 Purworejo 54111)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2018

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) gaya bahasa pada novel Memeluk Kehilangan karya Faisal Syahreza dan (2) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Memeluk Kehilangan karya Faisal Syahreza di Kelas XII SMK. Subjek penelitian ini adalah novel Memeluk Kehilangan karya Faisal Syahreza, objek penelitian ini adalah gaya bahasa novel Memeluk Kehilangan karya Faisal Syahreza yang terdiri atas 4 gaya bahasa, yaitu: gaya bahasa perbandingan, gaya bahasa pertentangan, gaya bahasa pertautan dan gaya bahasa perulangan. Fokus penelitian ini gaya bahasa dalam novel Memeluk Kehilangan karya Faisal Syahreza. Dalam pengumpulan data penelitian ini digunakan teknik observasi dan teknik catat. Instrumen penelitian ini adalah peneliti dengan menggunakan kartu pencatat data. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis isi (content analysis). Dalam penyajian hasil analisis data, digunakan teknik penyajian informal. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) gaya bahasa dalam novel Memeluk Kehilangan karya Faisal Syahreza menggunakan beragam gaya bahasa, yakni gaya bahasa perbandingan meliputi: perumpamaan, metafora, personifikasi, pleonasme, antisipasi; gaya bahasa pertentangan meliputi: hiperbola, paradoks, antiklimaks; gaya bahasa pertautan meliputi: sinekdoke, epipet, metonimia, asidenton, polisidenton; gaya bahasa perulangan meliputi: asonansi; (2) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Memeluk Kehilangan karya Faisal Syahreza dilaksanakan sesuai dengan kompetensi dasar 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel; metode pembelajaran yang digunakan adalah metode inkuiri; langkah-langkah pembelajaran terdiri dari: (a) pendahuluan, (b) kegiatan inti, (c) orientasi siswa pada masalah, (d) mengorganisir siswa untuk belajar, (e) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, (f) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah dan kegiatan penutup. Kata kunci: gaya bahasa, novel dan rencana pembelajaran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bahtera

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Bahtera merupakan jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya. Jurnal ini sebagai media publikasi karya tulis ilmiah yang dihimpun oleh Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Muhammadiyah Purworejo ...