Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Surya Bahtera

ANALISIS TINDAK TUTUR DIREKTIF DAN EKSPRESIF PADA NOVEL PESAWAT KERTAS TERAKHIR KARYA AGNES DAVONAR DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA

Desi Priyatni (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Bagiya Bagiya (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Umi Faizah (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2019

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) tindak tutur direktif pada novel Pesawat Kertas Terakhir karya Agnes Davonar, (2) tindak tutur ekspresif pada novel Pesawat Kertas Terakhir karya Agnes Davonar, dan (3) skenario pembelajaran tindak tutur direktif dan ekspresif di kelas XII SMA. Sumber data penelitian ini novel Pesawat Kertas Terakhir karya Agnes Davonar, objek penelitian berupa tindak tutur direktif dan ekspresif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi (pengamatan), instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti itu sendiri dibantu dengan kartu pencatat data, teknik analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif, dan teknik penyajian hasil analisis data dilakukan dengan teknik penyajian informal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) tindak tutur direktif pada novel Pesawat Kertas Terakhir karya Agnes Davonar meliputi: (a) fungsi memesan, (b) fungsi memerintah, (c) fungsi memohon, (d) fungsi menasihati, (e) fungsi merekomendasi, (2) tindak tutur ekspresif pada novel Pesawat Kertas Terakhir karya Agnes Davonar meliputi: (a) fungsi memuji, (b) fungsi mengucapkan terima kasih, (c) fungsi meminta maaf, (d) fungsi menyalahkan, (e) fungsi mengucapkan selamat, (f) fungsi berbelasungkawa, dan (3) skenario pembelajaran tindak tutur direktif dan ekspresif pada novel Pesawat Kertas Terakhir karya Agnes Davonar menggunakan metode pembelajaran dua tinggal dua tamu pada KD 4.1 Menginterpretasi makna teks novel baik secara lisan maupun tulisan.  Langkah-langkah pembelajaran ini meliputi: (a) guru membuka pelajaran, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran dan membagi kelompok dengan anggota 4 peserta didik, (b) guru memberikan lembar kegiatan yang berisi penggalan percakapan novel untuk di analisis besama kelompok, (c) peserta didik memecahkan masalah dengan cara mereka masing-masing kemudian 2 dari 4 anggota kelompok bertamu ke kelompok lain untuk mencari informasi, (d) peserta didik mendapatkan informasi dari kelompok lain dan kembali ke kelompok ma­sing-masing, (e) salah satu kelompok mem­presentasikan hasil diskusi kelompok­nya untuk dikomunikasikan dengan kelom­pok lain, (f) guru mengulas kembali pelajaran, memberikan kuis, memberikan reward un­tuk kelompok yang paling aktif dan paling benar jawabannya, dan menutup pembelajaran. Kata kunci: Tindak tutur direktif, ekspresif, skenario pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bahtera

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Bahtera merupakan jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya. Jurnal ini sebagai media publikasi karya tulis ilmiah yang dihimpun oleh Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Muhammadiyah Purworejo ...