Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 6, No 56 (2018): Jurnal Surya Bahtera

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SAVI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Wahyu Widayat (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Khabib Sholeh (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Umi Faizah (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2018

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Pengaruh model SAVI terhadap motivasi menulis teks anekdot pada kelas X AK2 kelas eksperimen SMK N 2 Purworejo; (2) Pengaruh model SAVI terhadap keterampilan menulis teks anekdot pada kelas X AK2 kelas eksperimen SMK N 2 Purworejo; (3) Perbandingan keterampilan menulis teks anekdot peserta didik kelas X yang diajar dengan model SAVI dengan peserta didik yang diajar dengan model konvensional. Penelitian ini merupakan eksperimen jenis Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini didapatkan dengan menggunakan teknik Sampling Purposivekelas X Akuntansi 4 terdiri atas 32 peserta didik, yaitu 2 anak laki-laki dan 30 anak perempuan sebagai kelas yang tidak diberi perlakuan (kelompok kontrol) dan kelas X Akuntansi 2 terdiri atas 32 peserta didik, yaitu 2 anak laki-laki dan 30 anak perempuan sebagai kelas yang diberi perlakuan (kelompok eksperimen). Pengumpulan data penelitian ini dari tes dan nontest. Teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 16. Penyajian hasil analisis data menggunakan teknik informal. Hasil penelitian ini: (1) pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap 4 aspek motivasi yang berubah dari sebelumnya rata-rata pada skala 3 (ragu-ragu) menjadi skala 4 (setuju); (2) pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap keterampilan menulis teks anekdot yang awal mula rata-rata kelompok eksperimen pretest sebesar 73,32 meningkat menjadi 79,28 paada nilai posttest; (3) perbandingan keterampilan menulis teks anekdot menggunakan model pembelajaran SAVIlebih baik daripada keterampilan menulis teks anekdot yang diajar metode konvensional. Dengan demikian perbandingan keterampilan menulis teks anekdot dengan model pembelajaran SAVI lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional.   Kata Kunci : Pembelajaran SAVI, menulis teks anekdot

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bahtera

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Bahtera merupakan jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya. Jurnal ini sebagai media publikasi karya tulis ilmiah yang dihimpun oleh Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Muhammadiyah Purworejo ...