EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 1, No 1 (2013): EKUIVALEN

UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN PROSES BELAJAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SUB POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI LUGUREJO

Utami, Ening Desy (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2013

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian  ini untuk mengetahui apakah metode pembelajaran talking stick dapat meningkatkan motivasi belajar, keterampilan proses belajar dan hasil belajar matematika  siswa  kelas  V  SD  Negeri  Lugurejo  Tahun  Pelajaran  2011/2012. Subjek penelitian ini seluruh siswa kelas V yang berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Faktor yang diteliti berupa peningkatan motivasi belajar, keterampilan proses belajar siswa dan hasil belajar siswa. Metode  pengumpulan  data yang digunakan  dalam penelitian  ini adalah metode  angket,  observasi,  dokumentasi  dan  tes.  Analisis  data  menggunakan analisis   deskriptif   persentase. Hasil   penelitian   menunjukkan   ada peningkatan motivasi belajar siswa dari 66% pada siklus I, menjadi 67,05% pada siklus II. Keterampilan proses belajar siswa meningkat dari 51,47% pada siklus I, menjadi  61,84%  pada siklus  II. Hasil  belajar  juga meningkat  dari 63 dengan ketuntasan klasikal mencapai 57,89% pada siklus I, menjadi 67,37 dengan ketuntasan klasikal mencapai 73,68% siswa pada siklus II. Jika dilihat dari hasil tersebut, metode pembelajaran  talking stick dapat meningkatkan  motivasi belajar, keterampilan proses belajar dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Lugurejo Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo.   Kata kunci : metode pembelajaran  talking stick, motivasi belajar belajar, keterampilan proses belajar, hasil belajar

Copyrights © 2013