cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
ISSN : 23374411     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 1,135 Documents
PENERAPAN SYNDICATE GROUP DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-A DI SMP NEGERI 1 KUTOWINANGUN Istiarni, Aneri
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2013): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (94.183 KB)

Abstract

Penelitian   ini   merupakan   penelitian   tindakan   kelas   (PTK)  yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan  prestasi  belajar matematika   siswa   kelas   VIII-A   SMP   Negeri   1   Kutowinangun   dengan menggunakan syndicate group. Subjek penelitian semua siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kutowinangun yang berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan prestasi belajar matematika dengan menggunakan syndicate group pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kutowinangun. Kegiatan belajar siswa meningkat dari Siklus I dengan rerata 64,27% menjadi 87,50% pada Siklus II. Sedangkan rerata hasil belajar siswa dari 67,25 pada Siklus I menjadi 74,63 pada Siklus II dengan jumlah siswa yang tidak tuntas pada Siklus I sebanyak 12 siswa dan 6 siswa pada Siklus II.   Kata kunci: syndicate group, prestasi belajar
EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DENGAN ALAT PERAGA MATERI PELUANG PADA SISWA KELAS XI SMK WONGSOREJO GOMBONG TAHUN 2011/2012 Sasongko, Anggi
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2013): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (101.102 KB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan alat peraga lebih baik dibanding model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMK Wongsorejo Gombong tahun pelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini seluruh kelas XI SMK Wongsorejo Gombong. Sampel penelitian ini kelas XI MA sebagai kelas eksperimen dan XI MB sebagai kelas kontrol. Tekhnik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Sebelum uji hipotesis dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji keseimbangan. Uji t menunjukkan t-observasi 3,8378 dan t-tabel sebesar 1,67 sehingga H0 ditolak. Jadi prestasi belajar siswa yang menggunakan CIRC dengan alat peraga lebih baik dibanding konvensional.   Kata Kunci: Eksperimen, CIRC, alat peraga
UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN PROSES BELAJAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SUB POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI LUGUREJO Utami, Ening Desy
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2013): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (94.343 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian  ini untuk mengetahui apakah metode pembelajaran talking stick dapat meningkatkan motivasi belajar, keterampilan proses belajar dan hasil belajar matematika  siswa  kelas  V  SD  Negeri  Lugurejo  Tahun  Pelajaran  2011/2012. Subjek penelitian ini seluruh siswa kelas V yang berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Faktor yang diteliti berupa peningkatan motivasi belajar, keterampilan proses belajar siswa dan hasil belajar siswa. Metode  pengumpulan  data yang digunakan  dalam penelitian  ini adalah metode  angket,  observasi,  dokumentasi  dan  tes.  Analisis  data  menggunakan analisis   deskriptif   persentase. Hasil   penelitian   menunjukkan   ada peningkatan motivasi belajar siswa dari 66% pada siklus I, menjadi 67,05% pada siklus II. Keterampilan proses belajar siswa meningkat dari 51,47% pada siklus I, menjadi  61,84%  pada siklus  II. Hasil  belajar  juga meningkat  dari 63 dengan ketuntasan klasikal mencapai 57,89% pada siklus I, menjadi 67,37 dengan ketuntasan klasikal mencapai 73,68% siswa pada siklus II. Jika dilihat dari hasil tersebut, metode pembelajaran  talking stick dapat meningkatkan  motivasi belajar, keterampilan proses belajar dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Lugurejo Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo.   Kata kunci : metode pembelajaran  talking stick, motivasi belajar belajar, keterampilan proses belajar, hasil belajar
ASPEK AFEKTIF TAKSONOMI BLOOM PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR SE KECAMATAN ALIAN Sari, Nurty Gofita
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2013): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (103.461 KB)

Abstract

This study aimed to understand determine 1. affective aspects of students' attitudes of Bloom's taxonomy the learning mathematics in Grade VI Elementary School District Alian 2. Student interest of effective aspect Bloom?s taxonomy the learning mathematics in Grade VI Elementary School District Alian. This research is a qualitative descriptive. Participants who this study were 15 students in public elementary school District Alian. The sampling technique used purposive sampling and snowball sampling. Collecting data using the interview. Researchers look is like data validation. The result show that: 1. VI grade elementary school students have a positive attitude to mathematics; 2. student interest of affective aspects Bloom's taxonomy does not show an interest in of teaching mathematics. Key words : affective aspects of Bloom's taxonomy, interest, and attitude
PENGGUNAAN STRATEGI HEURISTIK MODEL POLYA PADA PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 40 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012 Sariati, Kanti
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2013): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (96.46 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa melalui penggunaan strategi heuristik model Polya.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B semester 2 SMP Negeri 40 Purworejo yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket. Instrumen penelitian berupa soal tes dan angket. Analisis data menggunakan uji t  dan metode scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh nilai di atas KKM 64,00 sebelum penelitian sebanyak 16 siswa dengan rerata 64,51 dan ketuntasan belajar klasikal 51,62%. Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai di atas 64,00 sebanyak 23 siswa. Rerata prestasi belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 74,41 dengan ketuntasan belajar klasikal 74,19%. Pada siklus II siswa yang memperoleh nilai di atas 64,00 sebanyak 26 siswa, sehingga rerata prestasi belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 78,25 dengan ketuntasan belajar klasikal 83,87%. Uji t menunjukkan thitung lebih dari ttabel, sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa strategi heuristik model Polya dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dapat diterima. Selain itu ada peningkatan persentase motivasi belajar siswa dari siklus I 72,22% menjadi 79,67% pada siklus II.   Kata Kunci : strategi heuristik model Polya, pemecahan masalah, prestasi belajar.
EKSPERIMENTASI PENDEKATAN PAKEM PADA MATERI PERSEGI PANJANG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN SEGUGUS PUNTHO DEWO KECAMATAN PETANAHAN TAHUN PELAJARAN 2011-2012 ., Masithoh
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2013): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (82.373 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika dengan menggunakan pendekatan PAKEM lebih baik daripada menggunakan metode ceramah pada materi persegi dan persegi panjang di SDN segugus Puntho Dewo kecamatan Petanahan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN segugus Puntho Dewo kecamatan Petanahan tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari tujuh SDN. Sampel penelitian berjumlah 46 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Instrumen penelitianberupa  tes prestasi belajar matematika siswa yang berbentuk pilihan ganda. Validitas instrumen menggunakan product moment, reliabilitas instrumen menggunakan KR-20. Uji t dengan ? = 0,05 menunjukkan tobs sebesar 1,84 lebih besar dari  ttabel sebesar 1,65 sehingga H0 ditolak. Jadi hasil belajar siswa pada materi persegi dan persegi panjang yang menggunakan pendekatan PAKEM lebih baik daripada yang menggunakan metode ceramah di SDN segugus Puntho Dewo kecamatan Petanahan tahun pelajaran 2011/2012. Kata Kunci: Eksperimentasi, pendekatan PAKEM, hasil belajar matematika
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INDUKTIF DISERTAI REINFORCEMENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SUB POKOK BAHASAN SEGITIGA SISWA KELAS VII SMP N 21 PURWOREJO ., Muslinah
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2013): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (122.628 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran induktif disertai reinforcement terhadap prestasi belajar matematika siswa pada sub pokok bahasan segitiga.Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 21 Purworejo tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 159 siswa. Sampel penelitian ini siswa kelas VII E sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan kelas VII D sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Uji normalitas dan homogenitas menunjukkan sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogeny. Analisis data dengan uji t dengan menunjukkan  yang artinya strategi pembelajaran induktif yang disertai reinforcement berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 21 Purworejo pada sub pokok bahasan segitiga. Kata kunci: stategi pembelajaran induktif, reinforcement
EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PENGUASAAN MATERI SEGITIGA SISWA KELAS VII MTS N KLIRONG TAHUN 2012 Irfangi, Rahmat
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2013): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.699 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penguasaan materi siswa menggunakan pembelajaran CIRC dengan pendekatan PMR lebih baik dibanding pembelajaran konvensional materi segitiga pada siswa kelas VII semester II MTs N Klirong Tahun 2012. Populasi penelitian ini siswa kelas VII MTs N Klirong tahun 2012 sebanyak 8 kelas, dengan  Cluster Random Sampling didapat kelas 7.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas 7.4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Uji normalitas menggunakan metode Lilliefors dengan  = 5%, kedua kelas sampel berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Bartlett dengan  = 5%, kedua kelas tersebut mempunyai variansi populasi homogen. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan ? = 5%, diperoleh   dan ttabel = 1,645, maka tobs ? ttabel, sehingga H0 ditolak, ini berarti penguasaan materi siswa menggunakan model pembelajaran CIRC dengan pendekatan PMR lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional pada materi segitiga siswa kelas VII semester II MTs N Klirong tahun 2012. Kata-kata Kunci: CIRC, PMR, segitiga, penguasaan materi
BERFIKIR MATEMATIS RIGOR LEVEL 1 SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DALAM KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR ., Istikhomah
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2013): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.496 KB)

Abstract

Berfikir matematis rigor level 1 (berfikir kualitatif) adalah suatu aktivitas berfikir matematis yang melibatkan penggunaan beberapa fungsi kognitif dimana dalam penggunaannya berfikir matematis kualitatif  mempunyai 6 fungsi kognitif yaitu pelabelan (labeling), visualisasi (visualizing), pembandingan (comparing), pencarian secara sistematis untuk mengumpulkan dan melengkapi informasi (searching systematically to gather clear and complete information), penggunaan lebih dari satu sumber informasi (using more than one source of information), penyandian (encoding), dan pemecahan kode (decoding). Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kemampuan berfikir matematis rigor level 1 siswa dalam kompetensi dasar mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar. Pengumpulan data menggunakan tes  wawancara dengan purposive sampling dan snowball sampling. Subjek penelitian 15 siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Purworejo yang kemampuan matematikanya lebih dari atau sama dengan 85. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Analisis data dilakukan dengan: reduksi data, penyajian data dan pembahasan. Penelitian menunjukkan subjek  belum  menggunakan fungsi kognitif  3 yakni  pembandingan dan fungsi kognitif 6 yakni penyandian sehingga subjek belum mampu berfikir matematis rigor level 1.   Kata Kunci: Berfikir matematis rigor level 1 (berpikir kualitatif), fungsi kognitif, kemampuan matematika
UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI TEGALKUNING PADA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG MELALUI METODE PEMBELAJARAN SYNECTICS TAHUN 2011/2012 Istiqomah, Siti Nur ?Aini
EKUIVALEN - Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2013): EKUIVALEN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (89.942 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini untuk dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Tegalkuning menggunakan metode pembelajaran synectics. Subjek penelitian ini seluruh siswa kelas V yang berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas belajar siswa dari 78,89% pada siklus I, menjadi 81,78% pada siklus II. Hasil belajar juga meningkat dari 69,60 dengan ketuntasan klasikal mencapai 57,89% pada siklus I, menjadi 81,05 dengan ketuntasan klasikal mencapai 84,21% siswa pada siklus II. Kreativitas belajar siswa yang dapat terobservasi juga meningkat dari 32,89% pada siklus I, menjadi 60,52%. Jika dilihat dari hasil tersebut, maka metode pembelajaran synectics dapat meningkatkan kreativitas belajar dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Tegalkuning Tahun Pelajaran 2011/2012. Kata Kunci: metode pembelajaran synectics, kreativitas belajar, hasil belajar

Page 1 of 114 | Total Record : 1135


Filter by Year

2013 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 41, No 1 (2019): EKUIVALEN Vol 40, No 1 (2019): EKUIVALEN Vol 39, No 1 (2019): EKUIVALEN Vol 38, No 1 (2019): EKUIVALEN Vol 37, No 1 (2019): EKUIVALEN Vol 36, No 1 (2018): EKUIVALEN Vol 35, No 1 (2018): EKUIVALEN Vol 34, No 1 (2018): EKUIVALEN Vol 33, No 1 (2018): EKUIVALEN Vol 32, No 1 (2018): EKUIVALEN Vol 31, No 2 (2018): EKUIVALEN Vol 31, No 1 (2018): EKUIVALEN Vol 29, No 01 (2017): EKUIVALEN Vol 30, No 3 (2017): EKUIVALEN Vol 30, No 2 (2017): EKUIVALEN Vol 30, No 1 (2017): EKUIVALEN Vol 29, No 2 (2017): EKUIVALEN Vol 28, No 1 (2017): EKUIVALEN Vol 27, No 2 (2017): EKUIVALEN Vol 27, No 1 (2017): EKUIVALEN Vol 26, No 2 (2017): EKUIVALEN Vol 26, No 1 (2017): EKUIVALEN Vol 25, No 2 (2017): EKUIVALEN Vol 25, No 1 (2017): EKUIVALEN Vol 24, No 3 (2016): EKUIVALEN Vol 24, No 2 (2016): EKUIVALEN Vol 24, No 1 (2016): EKUIVALEN Vol 23, No 2 (2016): EKUIVALEN Vol 23, No 1 (2016): EKUIVALEN Vol 22, No 1 (2016): EKUIVALEN Vol 21, No 3 (2016): EKUIVALEN Vol 21, No 2 (2016): EKUIVALEN Vol 21, No 1 (2016): EKUIVALEN Vol 20, No 3 (2016): EKUIVALEN Vol 20, No 2 (2016): EKUIVALEN Vol 20, No 1 (2016): EKUIVALEN Vol 19, No 2 (2016): EKUIVALEN Vol 19, No 1 (2016): EKUIVALEN Vol 18, No 3 (2015): EKUIVALEN Vol 18, No 2 (2015): EKUIVALEN Vol 18, No 1 (2015): EKUIVALEN Vol 17, No 1 (2015): EKUIVALEN Vol 16, No 3 (2015): EKUIVALEN Vol 16, No 2 (2015): EKUIVALEN Vol 16, No 1 (2015): EKUIVALEN Vol 15, No 3 (2015): EKUIVALEN Vol 15, No 2 (2015): EKUIVALEN Vol 15, No 1 (2015): EKUIVALEN Vol 14, No 2 (2015): EKUIVALEN Vol 14, No 1 (2015): EKUIVALEN Vol 13, No 3 (2015): EKUIVALEN Vol 13, No 2 (2015): EKUIVALEN Vol 13, No 1 (2015): EKUIVALEN Vol 12, No 5 (2014): EKUIVALEN Vol 12, No 4 (2014): EKUIVALEN Vol 12, No 3 (2014): EKUIVALEN Vol 12, No 2 (2014): EKUIVALEN Vol 12, No 1 (2014): EKUIVALEN Vol 11, No 3 (2014): EKUIVALEN Vol 11, No 2 (2014): EKUIVALEN Vol 11, No 1 (2014): EKUIVALEN Vol 10, No 1 (2014): EKUIVALEN Vol 9, No 1 (2014): EKUIVALEN Vol 8, No 4 (2014): EKUIVALEN Vol 8, No 3 (2014): EKUIVALEN Vol 8, No 2 (2014): EKUIVALEN Vol 8, No 1 (2014): EKUIVALEN Vol 7, No 4 (2014): EKUIVALEN Vol 7, No 3 (2014): EKUIVALEN Vol 7, No 2 (2014): EKUIVALEN Vol 7, No 1 (2014): EKUIVALEN Vol 6, No 2 (2013): EKUIVALEN Vol 6, No 1 (2013): EKUIVALEN Vol 5, No 1 (2013): EKUIVALEN Vol 4, No 1 (2013): EKUIVALEN Vol 3, No 1 (2013): EKUIVALEN Vol 2, No 1 (2013): EKUIVALEN Vol 1, No 1 (2013): EKUIVALEN More Issue