EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 27, No 2 (2017): EKUIVALEN

PENERAPAN ETNOMATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH BERBASIS BUDAYA

Kencanawaty, Gita (Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta)
Irawan, Ari (Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta)



Article Info

Publish Date
23 May 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran matematika diintergrasikan dengan budaya lokal suatu daerah. Metode penelitian ini adalah survey eksploratif dengan teknik samping menggunakan purposive sampling. Lokasi penelitian yaitu SMPN 12 Ciseureh Kahuripan yang merupakan salah satu pilot project sekolah berbasis budaya yang ada di Kabupaten Purwakarta. Hasil penelitian ini adalah kita dapat mengetahui bahwa matematika dapat diajarkan menggunakan budaya yang dijunjung tinggi oleh masyarakat setempat. Etnomatematika merupakan keilmuan yang mengaitkan antara  budaya dengan matematika diharapkan akan meningkatkan kecintaan siswa terhadap budaya serta siswa dapat mengetahui fungsi dan kegunaan dari matematika dalam perspektif budaya

Copyrights © 2017