EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 28, No 1 (2017): EKUIVALEN

MENINGKATKAN SIKAP BELAJAR DAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK

Hidayat, Rofi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap belajar dan representasi matematis siswa kelas VIII-H MTsN Triwarno Kutowinangun dengan pendekatan PMR. Jenis penelitian ini adalah penelitin tindakan kelas 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar obeservasi sikap belajar dan tes representasi matematis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui pendekatan PMR (pendidikan matematika realistik) dapat meningkatkan sikap belajar dan representasi matematis siswa kelas VIII-H MTsN Triwarno Kutowinangun. Siklus I persentase sikap belajar sebesar 11,11% dalam kategori sangat kurang. Sedangkan representasi matematis sebesar 22,22% dalam kategori sangat kurang dan siklus II presentase sikap belajar meningkat menjadi 59,26% dalam kategori cukup. Sedangkan pada siklus II representasi matematis meningkat menjadi 66,67% dalam kategori cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran  metematika dengan mengunakan pendekatan PMR (pendidikan matematika realistik) dapat meningkatkan sikap belajar dan representasi matematis siswa  kelas VIII-H MTsN  Triwarno Kutowinangun 2016/2017. Kata kunci: Sikap belajar, representasi matematis, pendekatan PMR

Copyrights © 2017