Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi
Vol 16, No 2 (2019): Jurnal Ilmu Administrasi

ANALISIS MANAJEMEN BADAN USAHA MILIK DESA (STUDI PADA BADAN USAHA MILIK DESA PADAAWAS KECAMATAN PASIRWANGI KABUPATEN GARUT)

Ulumudin, Aceng (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2019

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan untuk mendorong meningkatkan kesejahteraan pada masyarakat dibidang perekonomian dibawah pengawasan Dinas yang ada disetiap Kabupaten atau Kota yaitu DinasĀ  Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa (DPMD). Setiap desa pada umumnya memiliki ragam potensi untuk dikembangkan untuk mendukung kemajuan dan kemakmuran sumber daya yang dimiliki dengan melalui pengelolaan pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).Kondisi pada saat ini,BUMDes Desa Padaawas Kecamatan Pasirwangi memiliki beberapa hambatan didalam pengelolaannya seperti keterbatasan SDM dan lemahnya sosialisasi.Maksud dari kegiatan penelitian ini adalah menganalisis manajemen BUMDes di Desa Padaawas Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif.Lokasi penelitian adalah Desa Padaawas Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut. Data diperoleh dengan menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan berupa observasi, wawancara dilakukan secara mendalam dan pengambilan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa analisis manajemen BUMDes di Desa Padaawas dikategorikan kedalam BUMDes yang cukup baik dari proses pendirian beserta pengelolaannya. Didalam proses perencanaannya BUMDes Padaawas tata kelola administrasi telah sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada seperti yang tertera pada Peraturan Menteri Desa. Adapun kekurangan didalam perencanaan oleh BUMDes Padaawas yaitu belum adanya indikator rencana kegiatan yang bersifat hasil.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jia

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Administrasi (JIA) is a scientific journal particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of public administration and business administration areas as follows Development Administration, Economic Development, Public Policy, Development Planning, Public ...