cover
Contact Name
Deni Fauzi Ramdani
Contact Email
jiastialanbdg@gmail.com
Phone
+6285315527157
Journal Mail Official
jiastialanbdg@gmail.com
Editorial Address
Jalan Hayam Wuruk No34-38 Kota Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : 10.31113/jia.v16i2
Core Subject : Humanities, Social,
Jurnal Ilmu Administrasi (JIA) is a scientific journal particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of public administration and business administration areas as follows Development Administration, Economic Development, Public Policy, Development Planning, Public Sector Finance, Service Management, Public Organization, Human Resource Development, Decentralization and Regional Autonomy, Leadership, Public Sector Innovation, E-Government, Management and Business Policy, E-Commerce, Marketing Management, Budget Management, State Company Management.
Articles 834 Documents
PELAYANAN PENERBITAN STNK DI KANTOR SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) KABUPATEN BONE Sakawati, Herlina; Widyawati, Widyawati; Ahmad, Sulmiah
Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi Vol 14, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Administrasi
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31113/jia.v14i2.116

Abstract

Kewajiban negara untuk melayani setiap warga negara mendorong pemerintah untuk mempersiapkan seluruh aparatnya guna meningkatkan pelayanan, khususnya pelayanan penerbitan STNK. Segala bentuk permasalahan yang ada dalam pengurusan STNK menjadi beban bagi pemerintah sebab hal tersebut memberikan kesan negatif terhadap pemberi pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan penerbitan STNK di kantor Samsat Kabupaten Bone. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari 5  fokus pelayanan yaitu 1) kehandalan (reliability); 2) bukti langsung (tangibles); 3) daya tanggap (responsiviness); 4) jaminan (assurance); 5) empati (empathy), sudah mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, namun dari kelima fokus pelayanan tersebut yang perlu mendapatkan perhatian lebih lanjut terkhusus pada fokus daya tanggap (responsiviness). Dan dari 7 faktor determinan yang digunakan untuk melihat proses pelayanan penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor di Kantor Samsat Kabupaten Bone, 4 diantaranya menjadi faktor pendukung dalam proses pelayanan yaitu faktor 1) faktor kesadaran; 2) faktor pendapatan; 3) faktor keterampilan petugas; 4) faktor sarana. Sedangkan dua faktor lainnya menjadi faktor penghambat dalam pelayanan penerbitan STNK di Kantor Samsat Kabupaten Bone yaitu, faktor aturan dan faktor organisasi. Dengan masih terdapatnya kekurangan dalam pemberian pelayanan penerbitan STNK, Penting bagi pihak Kantor Samsat Kabupaten Bone untuk mengoptimalkan pelayanan sesuai dengan tujuan, visi, misi, dan motto yang diinginkan dalam rangka terwujudnya pelayanan prima.
KEGIATAN PENELITIAN/KAJIAN UNTUK PENGEMBANGAN SISTEM ADMINISTRASI NEGARA Suhady1, Idup
Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi Vol 3, No 2 (2006): Jurnal Ilmu Administrasi
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31113/jia.v3i2.432

Abstract

Public administration system and professional, accountable apparatus are undoubtedly required to run a good government. The public administration system in Indonesia is broadly known as the Public Administration System of Republic of Indonesia (SANKRI). Research and studies on this matter strive for revitalizing the roles and functions of SANKRI in which values and norms of good governance are incorporated. Being distinctive from others, this type of reasearch and studies is embeded within policy cycle, and takes aim at actions. In addition, it is inclined to be evaluative, contributive, facilitative, collaborative, and feed-back generating. Further more, it holds totality vision, and becomes a guideline for both basic and applied research.
TINJAUAN OVERLAPPING TUPOKSI ORGANISASI PERANGKAT DAERAH DALAM PENERAPAN PP 41 TAHUN 2007 (STUDI KASUS PADA ORGANISASI PERANGKAT DAERAH KOTA SUKABUMI) Rr. Harida Indraswari,, Yudiantarti Safitri
Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi Vol 7, No 3 (2010): Jurnal Ilmu Administrasi
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31113/jia.v7i3.318

Abstract

This study aims at identifying the implementation of the Sekretariat Daerah functions based on the suitability formulation of basic tasks and duties. It also analyzes the possibility of work overlapping between Sekretariat Daerah and other local agencies that act as auxiliary units such as Bappeda, BKD, Inspectorate and core units (dinas) as the provider of public service. Thisstudy takes place in Kota Sukabumi. It employs a qualitative approach, where primary data are obtained through questionnaires, in-depth interviews and focused group discussions, while secondary data are obtained through textbooks, regulation and relevant documents. It uses purposive sampling technique in determining the key informant. Those data are analyzed qualitatively with data triangulation technique. The results show that there are overlapping functions among some local agencies in Kota Sukabumi that will lead to expansion of organization size. Another existing problem is the lack of clarity about the responsibilities of the organizations with similar core duties, which eventually leads to confusion at the time of duties execution in the field. The local government (Kota Sukabumi) should consider the needs of organization carefully when formulating core duties that can be obtained through the analysis of workload, job analysis and Standard Operating Procedure (SOP).
KINERJA PELAYANAN DIREKTORAT LALU LINTAS POLDA SULSEL DAN KETERTIBAN BERKENDARA DALAM PERSPEKTIF MASYARAKAT KOTA MAKASSAR Milawaty, Milawaty
Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi Vol 10, No 2 (2013): Jurnal Ilmu Administrasi
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31113/jia.v10i2.153

Abstract

Salah satu lembaga pemerintah yang selama ini sering mendapat sorotan miring adalah lembaga kepolisian,terutama polisi satuan lalu lintas. Birokrasi di lembaga ini acapkali dinilai buruk karena identik dengan suap, birokrasiyang kaku dan berbelit-belit, serta kebijakan-kebijakan yang kurang disosialisasikan. Hal ini menimbulkankekurangpercayaan publik terhadap lembaga kepolisian. Hasil analisis kualitatif atas kinerja pelayanan Direktorat LaluLintas Polda Sulsel berdasarkan perspektif 420 orang masyarakat Kota Makassar di enam kecamatan menunjukkanbahwa kinerja pelayanan Direktorat Lalu Lintas Polda Sulsel masih belum dapat dikategorikan baik. Kinerja ini sedikitbanyaknya berdampak terhadap ketertiban masyarakat Kota Makassar dalam berkendara
PENGEMBANGAN MODEL INOVASI DELIVERY SERVICE AKTA KELAHIRAN DI KOTA BANDUNG Rejeki, Putri Wulandari; Susanty, Yunni
Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi Vol 14, No 1 (2017): Jurnal Ilmu Administrasi
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31113/jia.v14i1.7

Abstract

Bandung merupakan salah satu daerah yang telah berinovasi dalam hal pelayanan akta kelahiran. Dengan jumlah kepemilikan akta kelahiran yang baru mencapai 73,4% pada Mei 2016, Pemerintah Kota Bandung harus menentukan strategi agar cakupan penerbitan kutipan akta kelahiran dapat tercapai. Melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Pemerintah Kota Bandung melakukan upaya peningkatan kepemilikan akta kelahiran melalui inovasi Delivery Service Akta Kelahiran. Inovasi yang diinisiasi langsung oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil, bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat kota Bandung dalam memperoleh akta kelahiran melalui pelayanan jasa pengiriman akta kelahiran. Dalam implementasinya, inovasi pelayanan akta kelahiran ini belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat Kota Bandung. Melihat kenyataan ini, dibutuhkan berbagai macam strategi untuk pengembangan inovasi Delivery Service Akta Kelahiran di Kota Bandung.
REFORMASI ADMINISTRASI DENGAN PENDEKATAN “SYSTEMS THINKING” MENGKONSTRUKSI BIROKRASI DALAM MENGATASI KOMPLEKSITAS PERMASALAHAN UNTUK SUATU PERUBAHAN Trilestari, Endang Wirjatmi
Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi Vol 5, No 3 (2008): Jurnal Ilmu Administrasi
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31113/jia.v5i3.448

Abstract

There has been no single perfect public administration system in the world. However, public administration has always impediments in performing its chores. When the hurdles arise and disrupt the equilibrium of the country, it indicates that there must be a demand for an administrative reform. The need for bureaucratic reform evolves due to unnaturally changing administration process.In addition to public bureaucracy, administrative reform should also take into account social, political and economic factors significantly influential to the reform cycle. Administrative reform movement may be conducted through several approaches; one of those is through system thinking approach. Through this approach, it is expected that bureaucracy will transform itself into the one which is creative, innovative, productive, professional, and accountable. Further more, bureaucracy is also expected to be able to reflect on and learn from its pastshortcomings.
REVITALISASI BIROKRASI PEMERINTAH UNTUK PELAYANAN PUBLIK Mulyadi, Dr. Deddy
Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi Vol 1, No 3 (2004): Jurnal Ilmu Administrasi
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31113/jia.v1i3.335

Abstract

Bureaucracy revitalization and reform have been carried out for years. However, the result of this effort especially in improving public service has not been optimal yet. This paper attempts to clarify two aspects from the effort. First, it is important to explicate the revitalization and reform of bureaucracy from public administration point of view in the globalization context. It is assumed, for instance, that the efforts to revitalize and restructure the bureaucracy has only benefited the exclusive group of businessmen (conglomerates) in Jakarta, not the grassroot economy of people in the regions. Secondly, the paper tries to propose an effective public service as the indicator of the successful revitalization and bureaucracy reform. One of the crucial steps to improve public service is to downsize and simplify the structure of departments both in the central and local governments.
PASANG SURUT PARADIGMA ADMINISTRASI PUBLIK Anwaruddin, Awang
Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi Vol 1, No 2 (2004): Jurnal Ilmu Administrasi STIA LAN Bandung
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31113/jia.v1i2.192

Abstract

In line with the change of government orientation by the end of twentieth century, from authority to democracy, the manner of public administration development tends to transform from theoretical to empirical. Accordingly, the preceding trademark of public administration as a compile of separate theories has to convert to be such a policy of   problem solving to various public problems. The impact is the development of its dimensions towards the accomplishment of public needs, such as public management implementation, public policy, and public service functions (Nisjar, 1995:43-57).In fact, such consideration corresponds to the fundamental nature of public administration as initially formulated by Woodrow Wilson in 1887 (Frederickson, 1980:2).  Afterward, for more than a hundred years the scholars of public administration have developed various theories and approaches to inductively analyze the thoughts on public administration. The impact is the dynamic development of models and paradigms of public administration varied after their devisers, and the continuous ambiguity of its definition and scopes (Tjokroamidjojo, 1987:16) as Nicholas Henry (1975:27) once said ?... there is a crisis of definition in the field of public administration.? Based on the analysis of various thoughts on public administration, this article aims at revealing  such ambiguity confusing many students of public administration for years.
EVALUASI KEBIJAKAN CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK djumara, syam noorsyamsa; Natawiriya, R Utaryana
Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi Vol 11, No 1 (2014): Jurnal Ilmu Administrasi
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31113/jia.v11i1.31

Abstract

Pada dasarnya keberadaan perusahaan adalah memperoleh laba (profit) namun demikian dalam rangka menjagakeberlanjutan dan pertumbuhannya perusahaan memiliki tanggung jawab sosial menjaga lingkungan alam (planet) dankepedulian kepada masyarakat sekitar (people). Secara lebih luas CSR adalah tanggung jawab sosial perusahaan kepadaPara Pemangku Kepentingan (Stakeholders) sebagaimana dilansir International Standard Organization, ISO 26000:2010, Di Indonesia saat ini kebijakan tentang CSR diatur berdasarkan Undang-undang No. 40 tahun 2007 tanggal 16agustus 2007, PP No 47 tahun 2012 tanggal 4 April 2012 dan Peraturan Menteri Negara BUMN Nomor: Per-20/MBU/2012 tanggal 27 Desember 2012. Telkom sebagai Badan Usaha Milik Negara sebagai bagian dari entitasorganisasi bisnis global mengeluarkan kebijakan CSR berdasarkan keputusan Direksi Nomor. KD.41/PR000 /SDM-20/2006 tanggal 18 Juli 2006, namun kebijakan tersebut sudah dicabut, sementara program CSR masih tetap berjalanmeskipun tanpa dilandasi kebijakan yang masih berlaku. Mestinya hal ini menjadi perhatian serius bagi perusahaanpublik yang mengedepankan compliance dalam setiap operasionalnya. Salah satu program CSR Telkom adalah programKemitraan yaitu program untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri.Pelaksanaan program tersebut berupa: (1) penyaluran dana pinjaman, (2) dana hibah yaitu pendidikan/ pelatihan sertabantuan magang dan pameran. Pada tahun 2011 Telkom telah mendistribusikan dana sebesar Rp. 302,697,000,000,-(tiga ratus dua milyar enam ratus sembilan puluh tujuh juta rupiah), namun demikian kinerja dari kebijakan tersebutbelum disajikan dengan menggunakan suatu system manajemen kinerja yang dikenal sebagai praktik terbaik (bestpractice) yang salah satunya adalah balance scorecard, sebagai media pengukuran kinerja kebijakan.Penelitian ini fokus pada permasalahannya yaitu (1) melakukan tinjauan terhadap kebijakan CSR, (2) melakukanevaluasi kebijakan CSR khususnya kinerja program Kemitraan tahun 2011. Dengan fokus tersebut penelitian inibertujuan dapat mengidentifikasi celah/ gap antara kebijakan CSR Telkom dengan panduan dalam ISO 26000:2010,Sedangkan dengan mengevaluasi kinerja program kemitraan, melalui pendekatan balance scorecard akan dapatdiketahui kinerja program kemitraan CSR Telkom. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, dimana dalampengambilan dan pengolahan data dengan melakukan wawancara, studi atau telaah dokumen. Untuk memperolehkeabsahan data dengan menggunakan uji kredibilitas dengan cara triangulasi, diskusi dengan Informan. Sedangkanteknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan dua teknik analisis yaitu (1) Narrative analysis dan (2) Contentanalysis of texts (written and visual documentation). Hasil penelitian tinjauan tentang kebijakan CSR Telkom bahwakontennya sangat operasional dalam mendukung pencapaian MDGs, namun beberapa hal yang termuat dalam ISO26000:2010 belum secara spesifik dirujuk. Hasil penelitian atas kinerja CSR/ program kemitraan dapat dilakukandengan pendekatan balance scorecard, dimana data program kemitraan diselaraskan dengan empat perspektif balancescorecard (finance, customer, internal process, Learning and growth), yang selanjutnya diintegrasikan dengan konsepsikriteria evaluasi kebijakan menurut Dunn (efektifitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsifitas, ketepatan).
PENELITIAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT ATAS PELAYANAN TRANSPORTASI DI KOTA BANDUNG Dawud1, Joni
Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi Vol 2, No 4 (2004): Jurnal Ilmu Administrasi
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31113/jia.v2i4.464

Abstract

The research tries to identify citizens? responses with regard to Bandung CityTransportation Engineering Policy to improve the transportation service quality inBandung City. The result shows that the majority of citizens are not quite satisfied with the existing condition.

Page 1 of 84 | Total Record : 834


Filter by Year

2004 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 20 No. 1 (2023): June 2023 Vol 19, No 2 (2022): Jurnal Ilmu Administrasi Vol. 19 No. 2 (2022): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 19, No 1 (2022): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 18, No 2 (2021): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 18, No 1 (2021): Jurnal Ilmu Admnistrasi Vol 17, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 17, No 1 (2020): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 16, No 2 (2019): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 16, No 1 (2019): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 15, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 15, No 1 (2018): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 14, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 14, No 1 (2017): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 13, No 3 (2016): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 13, No 2 (2016): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 13, No 1 (2016): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 12, No 3 (2015): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 12, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 12, No 1 (2015): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 11, No 3 (2014): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 11, No 2 (2014): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 11, No 1 (2014): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 10, No 3 (2013): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 10, No 2 (2013): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 10, No 1 (2013): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 9, No 3 (2012): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 9, No 1 (2012): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 8, No 3 (2011): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 8, No 2 (2011): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 8, No 1 (2011): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 7, No 4 (2010): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 7, No 3 (2010): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 7, No 2 (2010): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 7, No 1 (2010): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 6, No 4 (2009): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 6, No 3 (2009): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 6, No 2 (2009): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 6, No 1 (2009): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 5, No 4 (2008): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 5, No 3 (2008): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 5, No 2 (2008): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 5, No 1 (2008): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 4, No 4 (2007): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 4, No 3 (2007): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 4, No 2 (2007): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 4, No 1 (2007): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 3, No 4 (2006): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 3, No 3 (2006): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 3, No 2 (2006): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 3, No 1 (2006): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 2, No 4 (2005): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 2, No 3 (2005): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 2, No 2 (2005): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 2, No 1 (2005): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 2, No 4 (2004): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 1, No 3 (2004): Jurnal Ilmu Administrasi Vol 1, No 2 (2004): Jurnal Ilmu Administrasi STIA LAN Bandung Vol 1, No 1 (2004): Jurnal Ilmu Administrasi STIA LAN Bandung More Issue