Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam
ISLAMADINA, Volume 20, No. 2, September 2019

Konsep dan Aplikasi Homeschooling dalam Pendidikan Keluarga Islam

Tri Naimah (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2019

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengkaji model  homeschooling,  serta aplikasi homeschooling dalam pendidikan keluarga islam. Motif orangtua memasukkan anaknya ke homeschooling ada 2 kategori, yaitu motif ideologi dan motif paedagogi.  Motif ideologi atau motif keagamaan orangtua yang kuat sehingga memasukkan anaknya ke homeschooling, sedangkan  motif  pedagogi adalah adanya anggapan bahwa  lingkungan sekolah sering tidak memberikan pengalaman pendidikan yang baik. Berbasis pada motif ideologi, maka homeschooling dapat dipilih sebagai bentuk pendidikan keluarga islam. Homeschooling yang berbasis pendidikan fitrah berisi pendidikan tauhid, pendidikan ibadah, pendidikan akhlak, pendidikan kepemimpinan, dan pendidikan keahlian. Adapun metode yang dapat diterapkan metode hiwar, keteladanan, targhib & tarhib dan Ibrah & Mauizah

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

islamadina

Publisher

Subject

Religion

Description

Islamadina adalah jurnal yang diterbitkan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada tahun 2002 yang mempublikasikan karya-karya akademik dengan memfokuskan kajian pemikiran Islam (sosial, budaya, politik dan ekonomi) yang progresif dan ...