Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako
Vol 3, No 3 (2015): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako

KONSISTENSI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH FISIKA UNTUK URUTAN PERTANYAAN TERMODIFIKASI

Handayani, Lili (Unknown)
Kendek, Yusuf (Unknown)
Mansyur, Jusman (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang konsistensi siswa dalam pemecahan masalah fisika untuk urutan pertanyaan termodifikasi. Penelitian ini dilakukan pada salah satu SMA Swasta di Kota Palu. Subyek penelitian pada siswa kelas XII C yang terdiri 30 siswa. Data diperoleh melalui lembar jawaban siswa, rekaman thinking-aloud dan wawancara. Pemberian TSR terdiri atas 20 butir untuk menentukan responden empat orang. Tes pemecahan masalah terdiri atas 4 butir yang dikerjakan responden sebanyak dua kali. Satu kali melalui aktivitas thinking-aloud. Data penelitian dianalisis melalui pendekatan deskriptif-kualitatif dengan merujuk pada tahapan pemecahan masalah menurut Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsisten siswa dalam pemecahan masalah fisika untuk urutan pertanyaan termodifikasi sangatlah kurang. Pengaruhnya menyebabkan tahap-tahap penyelesaian untuk memecahkan masalah fisika yang dimiliki oleh siswa masih kurang. Baik dari segi memahami permasalahan, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalah dan mengecek kembali pemecahan masalah. Kata Kunci : konsistensi, pemecahan masalah fisika, urutan pertanyaan termodifikasi

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

EPFT

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) merupakan jurnal elektronik open access yang bertujuan untuk mempublikasi hasil-hasil penelitian terbaru dalam area pendidikan khususnya pada bidang pendidikan fisika meliputi asesment pembelajaran, model pembelajaran dan pengembangan perangkat ...