Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako
Vol 4, No 2 (2016): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako

Pengaruh Penyajian Contoh Soal dengan Teknik Means End Analysis (MEA) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri I Kasimbar

Susna, Susna (Unknown)
Darsikin, Darsikin (Unknown)
Mansyur, Jusman (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penyajian contoh soal dengan teknik MEA terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri I Kasimbar. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XSMA Negeri I Kasimbar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen Kuasi (quasy-experimental design). Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XA (n=35) sebagai kelas eksperimen dan kelas XB (n=35) sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik dengan uji t pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penyajian contoh soal dengan teknik MEA terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri I Kasimbar.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

EPFT

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) merupakan jurnal elektronik open access yang bertujuan untuk mempublikasi hasil-hasil penelitian terbaru dalam area pendidikan khususnya pada bidang pendidikan fisika meliputi asesment pembelajaran, model pembelajaran dan pengembangan perangkat ...