Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako
Vol 2, No 1 (2014): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Asesmen Ranking Task Exercise (RTE) terhadap Pemahaman Konsep Hukum Newton

Syafaat, Eko Muhtar (Unknown)
Nurjannah, Nurjannah (Unknown)
Werdhiana, I Komang (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2014

Abstract

Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan asesmen Rangking Task Exercise (RTE) pada materi hukum Newton kelas X IPA SMA Negeri 5 Palu. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan Nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 5 Palu. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen pemahaman konsep berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi oleh validator. Peningkatan rata-rata N-gain yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah menggunakan latihan RTE adalah 33,64% dan peningkatan rata-rata yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah menggunakan lembar kerja kelompok adalah 40,04%. Analisis data menggunakan uji prasyarat normalitas dan homogenitas dengan uji-t pada taraf signifikansi 5% dan dk = 64. Hasil perhitungan statistik dari pengujian hipotesis menggunakan uji-t didapatkan harga t hitung sebesar 0,35 dan t tabel pada taraf signifikansi 5% dan dk = 64 adalah 1,99. Disimpulkan bahwa tidak terdapat peningkatan pemahaman konsep secara signifikan melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan asesmen RTE pada materi hukum Newton pada kelas X IPA SMA Negeri 5 Palu. Kata Kunci:     pembelajaran berbasis masalah; ranking task exercise (rte); pemahaman konsep

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

EPFT

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) merupakan jurnal elektronik open access yang bertujuan untuk mempublikasi hasil-hasil penelitian terbaru dalam area pendidikan khususnya pada bidang pendidikan fisika meliputi asesment pembelajaran, model pembelajaran dan pengembangan perangkat ...