Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako
Vol 4, No 1 (2016): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Metode Penemuan Terbimbing dalam Pencapaian Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik MAN 2 Model Makassar

Miftah, Miftah (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2016

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development), dimana produk yang diinginkan adalah perangkat pembelajaran yang valid dan layak untuk digunakan. Produk tersebut adalah: (1) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), (2) buku ajar peserta didik (BAPD) dan (3) Lembar kerja peserta didik (LKPD). Pengembangan model perangkat yang digunakan mengacu pada model four-D (Model 4-D) yang terdiri dari empat tahap yaitu: (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (develop), dan (4) penyebaran (dessimenate). Penelitian ini menggunakan pengembangan perangkat model four D untuk mengetahui pencapaian keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis pada pokok bahasan suhu dan kalor setelah diajar dengan  menggunakan metode pembelajaran penemuan terbimbing. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Model Makassar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis kevalidan perangkat pembelajaran dan mendeskripsikan hasil pengamatan hasil uji coba. Dari hasil  penelitian ini dapat dikatakan bahwa semua komponen perangkat pembelajaran yang meliputi RPP, BAPD dan LKPD, beserta instrumen penilaian memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian tim ahli. Dengan demikian Perangkat yang dikembangkan  layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika khususnya pada materi suhu dan kalor. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ditemukan karakteristik dari perangkat RPP, BAPD dan LKPD yang berorientasi pada metode pembelajaran penemuan terbimbing.  Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa keterlaksanaan perangkat berada pada kategori terlaksana seluruhnya, kemampuan guru mengelola pembelajaran berada pada kategori sangat baik, angket respon peserta didik dan guru berada pada kategori sangat positif. Berdasarkan hasil analisis skor tes keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis dengan menggunakan kategorisasi skala lima menunjukkan tingkat pencapaian keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis peserta didik berada pada kategori tinggi. Kata kunci:   Penemuan Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Keterampilan Berpikir Kritis

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

EPFT

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) merupakan jurnal elektronik open access yang bertujuan untuk mempublikasi hasil-hasil penelitian terbaru dalam area pendidikan khususnya pada bidang pendidikan fisika meliputi asesment pembelajaran, model pembelajaran dan pengembangan perangkat ...