Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako
Vol 5, No 1 (2017): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako

Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Fluida Statis Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Palu

Susianti, Susianti (Unknown)
Darsikin, Darsikin (Unknown)
Saehana, Sahrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2017

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Contextual Teaching and Learning dengan eksperimen terhadap pemahaman konsep fisika siswa di kelas X SMA Negeri 5 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi menggunakan desain The non ekuivalen Prestest-postest design. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep fisika dalam bentuk tes esai berjumlah 6 soal. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh rerata skor pretest pemahaman konsep fisika siswa kelas eksperimen adalah 9,52 dengan standar deviasi 2,36, untuk rerata skor posttest adalah 19,38 dengan standar deviasi 2,94. Untuk kelas kontrol diperoleh rerata skor pretest 7,90 dengan standar deviasi 1,76, sedangkan untuk rerata skor posttest adalah 16,56 dengan standar deviasi 22,52. Berdasarkan teknik statistic uji-t satu pihak untuk menguji perbedaan rerata skor pemahaman konsep fisika siswa dengan taraf signifikan α = 0,05, diperoleh nilai hasil thitung = 1,97 dan ttabel = 1,68. Ini berarti bahwa nilai thitungberada di luar daerah penerimaan Ho. Disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh model Contextual Teaching and Learning dengan eksperimen terhadap pemahaman konsep fisika siswa di kelas X SMA Negeri 5 Palu

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

EPFT

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) merupakan jurnal elektronik open access yang bertujuan untuk mempublikasi hasil-hasil penelitian terbaru dalam area pendidikan khususnya pada bidang pendidikan fisika meliputi asesment pembelajaran, model pembelajaran dan pengembangan perangkat ...