Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan
Vol 5 No 1 (2014): MEI 2014

PENGELOLAAN SUMBERDAYA IKAN KAKAP MERAH (Lutjanus spp.) DI PERAIRAN UTARA CIREBON, LAUT JAWA

Arif Usman (Program Studi Teknologi Perikanan Laut, Sekolah Pascasarjana, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor)
Ono K. Sumadhiharga (Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor)
Mufti Patala Patria (Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor)



Article Info

Publish Date
15 May 2014

Abstract

Ikan kakap merah (Lutjanus spp.) merupakan salah satu sumberdaya ikan demersal komoditas penting di perairan utara Cirebon, Laut Jawa. Tingginya tingkat operasi penangkapan ikan tradisional di sekitar perairan pantai diduga mempengaruhi ketersediaan stok sumberdaya ikan tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa telah terjadi over fishing yang disebabkan oleh banyaknya jumlah armada penangkapan ikan tradisional di sekitar perairan pantai, terlebih masih adanya nelayan yang menggunakan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan seperti jaring arad (mini trawl) dan selain itu ikan kakap merah yang tertangkap, umumnya merupakan ikan muda yang belum matang gonad atau belum memijah. Sehubungan dengan hal tersebut perlu diatur jumlah armada penangkapan yang dapat beroperasi di perairan pantai dan penegakan peraturan serta pengelolaannya disarankan menggunakan alat tangkap yang selektif seperti menggunakan alat tangkap pancing dengan ukuran mata pancing yang lebih besar dari No. 10 dan pemasangan rumpon dasar diarahkan pada daerah fishing ground baru yang lebih luas dan jauh. Sehingga tekanan terhadap daerah penangkapan ikan kakap merah yang sekarang dapat dikurangi.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jtpk

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Library & Information Science

Description

Tujuan Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan yaitu menyebarluaskan informasi ilmiah tentang perkembangan teknologi perikanan dan kelautan antara lain: teknologi perikanan tangkap, teknologi kelautan, inderaja kelautan, akustik dan instrumentasi, teknologi kapal perikanan, teknologi pengolahan ...