Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako
Vol 7, No 3 (2019): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako

Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA Peserta Didik Kelas VIIID SMP Kartika XX-6 Kendari

M, Hunaidah (Unknown)
Sukariasih, Luh (Unknown)
Saputra, I Gede Purwana Edi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan penguasaan konsep peserta didik pada pembelajaran IPA, mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains pada pembelajaran IPA, dan mendeskripsikan ketuntasan belajar peserta didik  pada pembelajaran IPA pada materi pokok cahaya dan alat optik kelas VIIID SMP Kartika XX-6 Kendari yang diajar menggunakan model pembelajaran discovery; Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIIID SMP Kartika XX-6 Kendari tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 26 orang. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data penguasaan konsep yang diperoleh dari tes penguasaan konsep dan keterampilan proses sains yang diperoleh dari lembar observasi. Analisis data yang dilakukan statistik deskriptif. Dari hasil analisis data diperoleh: 1) nilai rata-rata penguasaan konsep peserta didik pada siklus I diperoleh nilai rata-rata yaitu 70,07 dengan standar deviasi 9,34 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata penguasaan konsep peserta didik yaitu 77,50 dengan standar deviasi 5,55; 2) presentase aspek keterampilan proses sains pada siklus I yaitu 50,55% dengan kategori cukup sedangkan pada siklus II yaitu 73,41% berada pada kategori  baik; 3) presentase ketuntasan belajar secara klasikal peserta didik pada siklus I sebesar 57,92 % sedangkan pada siklus II sebesar 76,69 %, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep peserta didik kelas VIIID SMP Kartika XX-6 Kendari Tahun Ajaran 2018/2019 .

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

EPFT

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) merupakan jurnal elektronik open access yang bertujuan untuk mempublikasi hasil-hasil penelitian terbaru dalam area pendidikan khususnya pada bidang pendidikan fisika meliputi asesment pembelajaran, model pembelajaran dan pengembangan perangkat ...