Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako
Vol 3, No 2 (2015): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako

Perbedaan Hasil Belajar Fisika antara Metode Pembelajaran Kumon dan Metode Pembelajaran Group to Group Exchange pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Palu

Yuliani, Yuliani (Unknown)
Syamsu, Syamsu (Unknown)
Muslimin, Muslimin (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan  hasil belajar fisika antara siswa yang mengikuti metode pembelajaran kumon dengan metode  pembelajaran Group to Group Exchange pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Palu. Jenis penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian “posttest-only comparison group design”.  Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Palu, dengan sampel penelitian kelas X MIA 5 berjumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen A dan kelas X MIA 6 berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen B  yang diambil dengan menggunakan teknik “nonrandom sampling”. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Data tes akhir kelas eksperimen A dan eksperimen B dianalisis menggunakan analisis statistik, hasil pengujian hipotesis tes akhir diperoleh thitung berada di luar penerimaan Ho yaitu thitung = 2,72 dan ttabel = 2,00 pada taraf nyata α = 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan  hasil belajar fisika antara siswa yang mengikuti metode pembelajaran kumon dengan metode  pembelajaran Group to Group Exchange pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Palu.   Kata Kunci:    Metode pembelajaran Kumon, Metode pembelajaran Group to Group Exchange, Hasil belajar. 

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

EPFT

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) merupakan jurnal elektronik open access yang bertujuan untuk mempublikasi hasil-hasil penelitian terbaru dalam area pendidikan khususnya pada bidang pendidikan fisika meliputi asesment pembelajaran, model pembelajaran dan pengembangan perangkat ...