EJIP BIOL
Vol 5, No 1 (2017)

Pengaruh Penggunaan Mind Manager Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 3 Palu Pada Mata Pelajaran Biologi

Wardani, Randi Kusuma (Unknown)
Kasim, Amiruddin (Unknown)
Rede, Amram (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2017

Abstract

Artikel ini dikembangkan dari penelitian skripsi yang bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan Mind Manager terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palu pada mata pelajaran biologi. Desain penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palu berjumlah 495 siswa. Metode pengambilan sampel menggunakan  metode Random Sampling, sampel terdiri dari 4 kelas yaitu kelas VIIID dan VIIIH sebagai kelas eksperimen dan  kelas VIIIC dan VIIIG sebagai kelas kontrol yang berjumlah 130 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Uji validitas dan reliabilitas angket dan tes dilakukan menggunakan ANATES. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh  taraf signifikansi (p)  0,017 < α = 0,05 atau H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Mind Manager dengan motivasi belajar siswa, (2) Hasil Belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh taraf signifikansi (p) 0,020 < α = 0,05 atau H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Mind Manager dengan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Mind Manager; Motivasi; Hasil Belajar

Copyrights © 2017