Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK)
Vol 9, No 1 (2007): Jurnal Ilmiah Kesatuan

Analisis Strategi Pelayanan Kesehatan Dalam Menghadapi Persaingan Rumah Sakit (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Islam Bogor)

Munawar, Aang (Unknown)
Kurniawati, Irma (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2012

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi dari variabel internal dan eksternal yang mempengaruhi perusahaan baik berupa kekuatan maupun kelemahan perusahaan serta berbagai peluang dan ancaman yang harus dihadapi oleh perusahaan. Sehingga dari variabel tersebut dapat dengan jelas dipetakan posisi dari perusahaan serta kondisi persaingan yang harus dihadapi perusahaan. Hasil dari pengumpulan data kemudian diterapkan kedalam matriks SWOT maupun matriks EI. Dari data-data yang telah terkumpul diperoleh hasil sebagai berikut untuk faktor strategi eksternal diperoleh nilai 2.515 sedangkan untuk faktor strategi internal diperoleh nilai 2.320, dengan hasil tersebut maka dapat diketahui posisi perusahaan saat ini. Dan sesuai dengan hasil tersebut menunjukkan bahwa pada saat ini perusahaan berada pada posisi GROWTH STABILITY. Dimana pada posisi ini sebaiknya perusahaan harus lebih memperhatikan pada kondisi intenal perusahaan itu sendiri, mungkin dengan melakukan berbagai pembenahan baik itu mengenai keuangan maupun SDM. RSIB sendiri pada saat ini menggunakan strategi relationship marketing dalam menjalankan usahanya karena sesuai dengan visi dan tujuan dari RSIB yaitu menjadi mitra yang terpercaya, menjalin silaturrahim serta hubungan yang baik antara rumah sakit, pasien dan perusahaan mitra. Keywords: Manajemen Pemasaran; Strategi Pemasaran

Copyrights © 2007






Journal Info

Abbrev

jik

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan adalah media ilmiah yang independen bagi para Dosen dan Peneliti di bidang ilmu Akuntansi. Terbit tiga kali dalam setahun, pada bulan April, Agustus dan Desember. Mempublikasikan hasil-hasil penelitian terapan bidang akuntansi dalam arti luas. Pedoman bagi penulis ...