cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK)
ISSN : 1441089X     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan adalah media ilmiah yang independen bagi para Dosen dan Peneliti di bidang ilmu Akuntansi. Terbit tiga kali dalam setahun, pada bulan April, Agustus dan Desember. Mempublikasikan hasil-hasil penelitian terapan bidang akuntansi dalam arti luas. Pedoman bagi penulis dicantumkan pada halaman Author jurnal ini.
Arjuna Subject : -
Articles 135 Documents
Evaluasi Cost Center dengan Metode Activity Based Cost System dalam Meningkatkan Efisiensi Biaya Produksi pada PT. Indomitra Sedaya Djanegara, H. Moermahadi Soerja; Ritawati, Ritawati
Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK) Vol 9, No 1 (2007): Jurnal Ilmiah Kesatuan
Publisher : STIE Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode activity based cost system ( ABC System ) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif lain dalam perhitungan harga pokok produksi. Karena ABC System dapat melakukan pengurangan biaya dalam jangka panjang melalui pengelolaan aktivitas. Aktivitas merupakan bagian dari proses yang dilakukan oleh perusahaan dalam memuasi kebutuhan pelanggan. Dengan demikian perusahaan harus mampu mengidentifikasi dan membedakan antara aktivitas penambah nilai ( value added activity ) dan aktivitas yang tidak menambah nilai ( non value added activity ) bagi pelanggan. Dengan perusahaan dapat membedakan aktivitas penambah nilai dan aktivitas yang tidak menambah nilai ini diharapkan perusahaan dapat mengurangi atau menghilangkan aktivitas yang tidak menambah nilai bagi pelanggan tersebut sehingga perusahaan dapat menghasilkan produk – produk dengan biaya yang serendah mungkin dan perusahaan mampu bertahan dalam persaingan. Keywords: Cost Center; Metode Activity Based Cost System
Tinjauan Atas Penetapan Pajak Bumi dan Bangunan pada Kantor Pelayanan PBB Bogor Nuruzzaman, Muhammad; Wahyuningsih, Wahyuningsih
Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK) Vol 9, No 1 (2007): Jurnal Ilmiah Kesatuan
Publisher : STIE Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian adalah mengetahui cara perhitungan dan penetapan PBB di Kantor Pelayanan PBB Bogor serta kendala apa saja yang dihadapi dalam penetapan Pajak Bumi dan Bangunan. Dalam menetapkan Pajak Bumi dan Banguna di dasarkan pada Surat Pemberitahuan Objek Pajak Pajak Bumi dan Bangunan (SPOP PBB) yang di isi oleh wajib pajak. Rumus untuk menghitung Pajak Bumi dan Bangunan yang terutang adalah 0,5% x ( NJKP ) x ( NJOP – NJOPTKP) Nilai Jual Objek Pajak Tidak Kena Pajak ditetapkan dengan mempertimbangkan perkembangan ekonomi dan moneter serta perkembangan umum objek pajak setiap tahunnya. Untuk wilayah Bogor NJOPTKP tahun 2004 adalah sebesar Rp 5.000.000,00 Keywords: Penetapan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).
Tinjauan Atas Tata Cara Pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan PPh Badan pada Kantor Pelayanan Pajak Cibinong de Poere, Daniel Benjamin
Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK) Vol 9, No 1 (2007): Jurnal Ilmiah Kesatuan
Publisher : STIE Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui Ketentuan Perundang-undangan Perpajakan dalam melakukan pengisian SPT Tahunan, unsur-unsur apa saja yang harus dipenuhi dalam pengisian SPT dan bagaimana cara menyusun pengisian SPT Tahunan yang benar sesuai dengan Ketentuan Perundang-undangan Perpajakan. Dari hasil peninjauan yang telah dilakukan dapat dilihat bahwa dengan adanya Ketentuan Perundang-undangan Perpajakan yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mengenai cara menyusun pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan dengan benar, maka memudahkan bagi masyarakat Wajib Pajak dalam melaksanakan tingkat kepatuhannya sebagai Wajib Pajak dan memudahkan bagi fiskus pada saat meneliti kelengkapan dan kebenaran mengenai Surat pemberitahuan (SPT) Tahunan yang dilaporkan oleh Wajib pajak. Kantor Pelayanan Pajak mempunyai peranan sangat penting dalam melaksanakan tugasnya sebagai otoritas pajak dalam meneliti kelengkapan dan kebenaran Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan yang telah dilaporkan oleh Wajib Pajak. Keywords: Perpajakan; SPT Tahunan Badan.
Analisis Strategi Pelayanan Kesehatan Dalam Menghadapi Persaingan Rumah Sakit (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Islam Bogor) Munawar, Aang; Kurniawati, Irma
Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK) Vol 9, No 1 (2007): Jurnal Ilmiah Kesatuan
Publisher : STIE Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi dari variabel internal dan eksternal yang mempengaruhi perusahaan baik berupa kekuatan maupun kelemahan perusahaan serta berbagai peluang dan ancaman yang harus dihadapi oleh perusahaan. Sehingga dari variabel tersebut dapat dengan jelas dipetakan posisi dari perusahaan serta kondisi persaingan yang harus dihadapi perusahaan. Hasil dari pengumpulan data kemudian diterapkan kedalam matriks SWOT maupun matriks EI. Dari data-data yang telah terkumpul diperoleh hasil sebagai berikut untuk faktor strategi eksternal diperoleh nilai 2.515 sedangkan untuk faktor strategi internal diperoleh nilai 2.320, dengan hasil tersebut maka dapat diketahui posisi perusahaan saat ini. Dan sesuai dengan hasil tersebut menunjukkan bahwa pada saat ini perusahaan berada pada posisi GROWTH STABILITY. Dimana pada posisi ini sebaiknya perusahaan harus lebih memperhatikan pada kondisi intenal perusahaan itu sendiri, mungkin dengan melakukan berbagai pembenahan baik itu mengenai keuangan maupun SDM. RSIB sendiri pada saat ini menggunakan strategi relationship marketing dalam menjalankan usahanya karena sesuai dengan visi dan tujuan dari RSIB yaitu menjadi mitra yang terpercaya, menjalin silaturrahim serta hubungan yang baik antara rumah sakit, pasien dan perusahaan mitra. Keywords: Manajemen Pemasaran; Strategi Pemasaran
Analisis Sikap Dan Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Produk (Studi Kasus Produk Susu Kental Manis Coklat Indomilk pada Konsumen Jakarta) Suardy, Weman; Suryaningsih, Indah
Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK) Vol 9, No 1 (2007): Jurnal Ilmiah Kesatuan
Publisher : STIE Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi konsumen dalam mengkonsumi susu, yang ditinjau dari sisi sikap dan perilaku konsumen. Studi ini dikhususkan pada susu kental manis coklat Indomilk, dan dilakukan pada 385 orang responden yang mengkonsumsi susu kental manis coklat Indomilk di Jakarta. Dari sejumlah atribut yang ditanyakan kepada konsumen, diperoleh hasil penelitan sebagai berikut : 1. Konsumen memiliki keyakinan bahwa susu kental manis coklat Indomilk memiliki sejumlah atribut yang mendorong konsumen untuk membeli susu kental manis coklat Indomilk. 2. Berdasarkan hasil evaluasi konsumen atas masing-masing atribut, diperoleh hasil bahwa konsumen setuju pada masing-masing atribut produk. 3. Berdasarkan hasil perhitungan nilai Fishbein, diperoleh skor sebesar 23,706. Skor ini mengandung makna, bahwa konsumen memiliki sikap yang positif terhadap susu kental manis coklat Indomilk. Artinya citra produk ini cukup baik. Jika dilihat lebih dalam, maka skor 23,706 tersebut mengandung makna bahwa sikap konsumen dalam membeli susu kental manis coklat Indomilk adalah positip dan setuju akan atribut yang ada dalam produk susu kental manis coklat Indomilk. Keywords: Perilaku Konsumen;
Pengaruh Tingkat Kecelakaan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Djanegara, H. Moermahadi Soerja; Nuruzzaman, Muhammad
Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK) Vol 8, No 2 (2006): Jurnal Ilmiah Kesatuan
Publisher : STIE Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh keselamatan kerja dalam menekan angka kecelakaan guna meningkatkan produktivitas karyawan. Dari hasil analisis dan perhitungan diperoleh hasil bahwa kecelakaan kerja mempunyai pengaruh yang negatif terhadap produktivitas kerja karyawan, dikarenakan dari perhitungan korelasi menunjukkan r = -0,96 atau 96% dan setelah dicocokkan ke dalam tabel interpretasi r nilai korelasi tersebut masuk kedalam golongan sangat kuat. Dengan adanya program keselamatan kerja, angka kecelakaan kerja yang terjadi pada perusahaan dapat ditekan, dan produksi meningkat. Dengan meningkatnya produksi, ini menunjukkan bahwa produktifitas kerja karyawan yang semakin tinggi atau meningkat. Keywords: Produktivitas Kerja; Keselamatan Kerja
Kajian Dampak Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan Muanwar, Aang; Purba, Jan Horas Veriyadi
Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK) Vol 8, No 2 (2006): Jurnal Ilmiah Kesatuan
Publisher : STIE Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk menganalissi dampak dan pengaruh pandangannya terahdap jasa layanan yang diberikan oleh perusahaan terhadap kepuasan konsumen. Dari hasil penelitian dan analisa korelasi didapat hasil r = 0,443 yang bisa dikatakan terdapat hubungan positif dan signifikan antara pelayanan pelatihan dengan tingkat kepuasan peserta Y=29,67 + 0,38X yang dapat diartikan bila X bertambah 1, maka Y akan bertambah sebesar 0,38 kali, kemudian untuk mengetahui kontribusi dari pengaruh pelayanan pelatihan terhadap tingkat kepuasan peserta pelatihan, penulis menggunakan rumus Koefisien Determinasi (KD), dimana didapat KD = 0,197 yang berarti bahwa pelayanan pelatihan mempunyai pengaruh terhadap tingkat kepuasan peserta pelatihan sebesar 19,7%, dan sisanya sebesar 80,3% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kajian Motivasi Kerja dan Produktivitas Karyawan Morita, Morita; Harni, Budi
Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK) Vol 8, No 2 (2006): Jurnal Ilmiah Kesatuan
Publisher : STIE Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran pemberian motivasi terhadap peningkatan produktifitas karyawan, setelah pemberian motivasi dilaksanakan oleh perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan manfaat dari pemberian motivasi yang dilaksanakan oleh PT. X secara langsung memberikan hasil yang sangat baik bagi peningkatan produktifitas tenaga kerja. Hal in dapat dibuktikan dengan perhitungan produktifitas kerja karyawan yang mengalami peningkatan dari tahun 1999 sampai dengan tahun 2002 serta analisis efektivitas kerja karyawan
Dampak Pelatihan Kerja Terhadap Kualitas Kerja Karyawan Mubarak, Mumuh Mulyana; Syarif, Rini
Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK) Vol 8, No 2 (2006): Jurnal Ilmiah Kesatuan
Publisher : STIE Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program pelatihan tenaga kerja yang telah dilaksanakan oleh PT. FIF Cabang Bgor, dan untuk mengetahui sampai sejauh mana pengaruh pelatihan tenaga kerja terhadap kualitas kerja karyawan khususnya bagian pemasaran. Dari hasil penelitian yang menggunakan instrumen angket dengan rumus koefsien korelasi Rank Spearman maka dapat diketahui bahwa pelatihan tenaga kerja mempunyai hubungan yang tinggi dengan tingkat kualitas kerja karyawan, hal ini ditunjukkan dengan besarnya r rank = 0,611 dan diketahui koefisien determinasi sebesar = 37,33% hal ini berarti derajat hubungan kedua variabel tersebut adalah sebesar 37,32% dan sisanya yang sebesar 62,67% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Dari penelitian juga dapat diambil kesimpulan bahwa pelatihan tenaga kerja mempunyai pengaruh positif terhadap tingkat kualitas kerja karaywan khsusunya bagian pemasaran.
Formulasi Strategi Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada PT. Indomarco Adi Prima) Prihardianto, Wibowo
Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK) Vol 8, No 2 (2006): Jurnal Ilmiah Kesatuan
Publisher : STIE Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dari hasil penelitian dan matrik IFAS perusahaan mendapat nilai skor 2.882 perusahan memiliki kekuatan yang tergologn sedang (rata-rata) dalam melakukan formulasi strategi pelayanannya. Sedangkan dari matrik EFAS perusahaan memperoleh nilai skor 2.663 angka ini menunjukkan bahwa respon yang diberikan oleh perusahaan kepada lingkungan eksternalnya tergolong sedang. Apabila masing-masing total nilai skor dipetakan dalam amtriks, maka posisi perusahaan saat ini adalah pada kotak kuadran ke V (lima) yang berarti posisi perusahaan dapat mengembangkan formulasi strategi yang telah ada hanya menambahkan beberapa hal yang menjadi kelemahan (weakness) perusahaan. Dalam analisis pengendalian persediaan barang, penulis menggunakan rumus EOQ (Economic Order Quantity), Safety Stock dan Reorder Point. Sebelum menggunakan rumus EOQ pemesanan dilakukan sebanyak 8 kali dalam satu periode dengan biaya pemesanan Rp. 3.030.000, setiap kali pesan seanyak 10.000 karton dengan harga per kartonnya Rp. 156.000. Dengan biaya penyimpanan yang dinyatakan dalam persentase (%) yaitu 0,01 atau 1%. Sedangkan setelah menggunakan rumus EOQ, pemesanan cukup dilakukan sebanyak 4 kali dalam satu periode dan setiap kali pesan sebanyak 17.629 karton. Berarti perusahaan dapat menghemat biaya sebesar Rp. 1.888.378.760,-

Page 1 of 14 | Total Record : 135