Jurnal Prakarsa Paedagogia
Vol 2, No 2 (2019): Desember 2019

Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar IPA Standar Kompetensi Dasar Getaran dan Gelombang Serta Parameter-Parameternya Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Siswa

Endang Suhartatik (SMP Negeri 5 Ungaran)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2020

Abstract

Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA SKD getaran dan gelombang serta parameter-parameternya melalui pembelajaran kooperatif pada siswa kelas VIII A Semester II, SMP Negeri 5 Ungaran tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan pada semester II tahun pelajaran 2017/2018 dan mengambil tempat di kelas VIII A SMP Negeri 5 Ungaran, Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang dengan subyek seluruh siswa kelas VIII A tersebut yaitu 32 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dengan tindakan sebanyak dua kali dalam dua siklus teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan test. Alat pengumpuklan data berupa dokumen daftar nilai, lembar observasi dan butir soal. Validasi menggunakan triangulasi sumber atau kolaborasi dan kisi-kisi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif  komparatif  yang dilanjutkan refleksi. Hasil penelitian setelah dilakukan dua kali tindakan dalam dua siklus menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas yang diperoleh dari kondisi awal sebelum dilaksanakan penelitian sebesar 63,8 meningkat pada siklus I nilai rata-rata ulangan harian menjadi 64,8 dan hasil ulangan harian pada siklus II nilai rata-rata menjadi 71,4

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JKP

Publisher

Subject

Education

Description

iterbitkan sebagai media publikasi dan desiminasi hasil penelitian dan karya ilmiah di bidang Pendidikan baik dari Mahasiswa dan Dosen untuk memperkaya khasanah keilmuan pendidikan menuju tercapainya generasi emas ...