Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Fakultas Teknik
Vol 1, No 1 (2011): PROSIDING SEMINAR NASIONAL SAINS DAN TEKNOLOGI 2 2011

PENGARUH PEMBEBANAN TERHADAP TEGANGAN DALAM SAMBUNGAN TULANG PINGGUL BUATAN

. Sugiyanto (Laboratorium Perancangan Teknik dan Tribologi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Semarang)
M. Tauviqirrahman (Laboratorium Perancangan Teknik dan Tribologi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Semarang)
Rifky Ismail (Laboratorium Perancangan Teknik dan Tribologi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Semarang)
. Jamari (Laboratorium Perancangan Teknik dan Tribologi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Semarang)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2011

Abstract

Kerusakan permanen pada sendi memerlukan tindakan penggantian dengan sendi buatan (artificial hip replacement). Pemilihan sifat material pengganti komponen dan dimensi yang digunakan perlu dilakukan secara cermat untuk mendapatkan kemampuan maskimal sambungan tulang pinggul buatan.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh pembebanan sebagai model berat beban pada manusia terhadap tegangan yang terjadi dalam sistem sambungan tulang pinggul buatan. Perangkat lunak berdasarkan metode elemen hingga digunakan untuk memodelkan berbagai lapisan komponen sambungan yang adaBerdasarkan studi ini, diketahui bahwa material viskoelastik berpengaruh terhadap distribusi tegangan yang terjadi pada tiap-tiap lapisan. Besarnya tegangan von Mises maksimum yang terjadi pada semua lapisan dalam sistem sambungan tulang pinggul buatan yang dikembangkan untuk femoral head dengan diameter 33 mm terbukti memenuhi persyaratan secara keteknisan karena tidak melebihi tegangan luluh material pembentuknya.Kata kunci: Sambungan tulang pinggul buatan, Viscoelastik

Copyrights © 2011