Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Fakultas Teknik
Vol 1, No 1 (2013): PROSIDING SEMINAR NASIONAL SAINS DAN TEKNOLOGI 4 2013

SHARING DATA ANTARA LINUX DAN WINDOWS DENGAN JARINGAN PEER TO PEER

Sari Noorlima Yanti (Program Studi Teknik Informatika – Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma, Jl Margonda Raya No 100 Pondok Cina, Depok)
Dharmayanti Dharmayanti (Program Studi Teknik Informatika – Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma, Jl Margonda Raya No 100 Pondok Cina, Depok)
Muhamad Ikbal (Program Studi Teknik Informatika – Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma, Jl Margonda Raya No 100 Pondok Cina, Depok)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2013

Abstract

Sharing data adalah proses dimana suatu resource pada suatu computer dapat digunakan oleh computer lain dengan syarat kedua computer tersebut sudah tersambung dalam sebuah jaringan komunikasi. Untuk menyiasati permasalahan pemindahan data pembuatan sebuah jaringan peer  to peer akan sangat menguntungkan bagi pengguna Linux dan pengguna Windows. Dengan adanya proses sharing data pada jaringan ini maka proses pengiriman bisa lebih cepat dan akan hemat biaya. Dalam sebuah ruangan terdapat beberapa notebook / computer dengan  Sistem  Operasi yang berbeda, yaitu Windows Seven dengan Linux Ubuntu. Untuk memudahkan proses sharing data diantara kedua sistem operasi tersebut maka akan dirancang sebuah jaringan peer to peer sebagai jaringan komunikasi. Perbedaan platform pada sistem  operasi yang digunakan bukanlah sebuah halangan besar agar dua komputer tersebut dapat saling terkoneksi, dengan bantuan software Samba dan beberapa pengaturan sederhana pada kedua komputer maka Windows Seven dan Linux Ubuntu dapat saling berkomunikasi satu sama lain, sehingga proses sharing data dapat dilakukan dengan mudah. Kata kunci: Sharing Data, Linux, Windows, Peer to peer

Copyrights © 2013