Jurnal Ilmu Komputer
Vol 8 No 2: September 2015

IMPLEMENTASI PRIVATE CLOUD COMPUTING SEBAGAI LAYANAN INFRASTRUCTURE AS A SERVICE (IAAS) MENGGUNAKAN OPENSTACK

Putu Gede Surya Cipta Nugraha (Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana)
I Komang Ari Mogi (Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana)
I Made Agus Setiawan (Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2015

Abstract

Dalam perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih, kebutuhan perangkat keras komputer untuk membangun berbagai system meningkat, dimana dalam proses pembangunannya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Efisiensi dalam penggunaan cloud computing  menjadi alasan mendasar pengguna memanfaatkan teknologi cloud computing . Cloud computing  merupakan model komputasi dimana sumber daya seperti processor , storage , network  dan software  sebagai layanan diinternet. Sumber daya komputasi tersebut dapat dipenuhi oleh layanan dari cloud computing  yaitu Infrastructure as a Service (IaaS) , karena didalam layanan tersebut berisi penyediaan infrastructure hardware  seperti CPU virtual  yang berisi RAM  atau memory , processor  dan disk storage . Dengan layanan Infrastructure as a Service (IaaS)  tersebut dapat menghasilkan beberapa virtual machine  sehingga permasalahan perangkat keras komputer dapat diatasi. Infrastructure as a Service (IaaS)  tersebut dibangun menggunakan platform OpenStack  dan sistem operasi yang digunakan adalah Ubuntu server 12.04 LTS. Pembangunan Infrastructure as a Service (IaaS)  telah berhasil dibangun dengan menggunakan semua jenis flavor OpenStack . Pengujian dilakukan dengan penanaman aplikasi web server pada virtual machine  dan web server berhasil diakses dengan web browser, hal ini menunjukan bahwa Infrastructure as a Service (IaaS) telah berjalan dengan baik, serta terjadi peningkatan performa CPU  sebesar 1.0%, pemakaian memory  sebesar 941888k dari 2051772k

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

JIK is a peer-reviewed scientific journal published by Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Science, Udayana University which has been published since 2008. The aim of this journal is to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding ...