Jurnal Kebidanan
Vol 2, No 2 (2013): JURNAL KEBIDANAN

HUBUNGAN PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG MANFAAT ASI EKSKLUSIF DENGAN MOTIVASI UNTUK MEMBERIKAN ASI EKSKLUSIF (Studi Kasus di Puskesmas Candilama Kota Semarang)

Iis Sugiyarti (Unknown)
Herry Suswanti Djarot (Unknown)
Siti Nurjanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2014

Abstract

Latar belakang: Cakupan pemberian ASI eksklusif terendah di Kota Semarang pada tahun 2011 di Puskesmas Candilama yaitu sebesar 5,1 %. Ada banyak faktor yang mempengaruhi pemberian ASI eksklusifantara lain pendidikan, pengetahuan, ekonomi dan lingkungan. Tujuan: Mengetahui hubungan pendidikan dan pengetahuan ibu hamil tentang manfaat ASI eksklusif dengan motivasi untuk memberikan ASI eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Candilama Kota Semarang Tahun 2012. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik dengan rancangan crossectional dengan populasi 75 responden, sampel 58 ibu hamil di Puskesmas Candilama Kota Semarang pada bulan Juli-Agustus 2012. Variabel bebas pendidikan dan pengetahuan, variabel terikat motivasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji statistik Korelasi Pearson. Hasil: : Pendidikan responden terbanyak SMA yaitu 33 orang (56,9%), pengetahuan terbanyak padakategori baik yaitu 20 orang (34,5%), sedangakn motivasi terbanyak pada kategori sangat baik yaitu 22 orang (37,9%). Analisis hubungan antara pendidikan dengan motivasi untuk memberikan ASI eksklusif diperoleh hasil penghitungan menggunakan Rank Spearman dengan nilai r = 0,558 dan diperoleh nilai p = 0,000 < p = 0,05(α). Analisis hubungan antara pengetahuan ibu hamil tentang manfaat ASI eksklusif dengan motivasi untuk memberikan ASI eksklusifdiperoleh hasil penghitungan menggunakan Korelasi Pearson dengan nilai r = 0,694 dan diperoleh nilai p = 0,000 < p = 0,05(α). Simpulan: Ada hubungan yang signifikan antara pendidikan dan motivasi untuk memberikan ASI eksklusif. Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu hamil tentang manfaat ASI eksklusif dengan motivasi untuk memberikan ASI eksklusif.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jur_bid

Publisher

Subject

Nursing

Description

Jurnal Kebidanan Universitas Muhammadiyah Semarang (e-ISSN : 2549-7081) provides a medium for those who want to publish their scientific articles from either research results or innovations in the fields of midwifery and ...