PROSIDING SEMINAR NASIONAL
2012: PROCEEDING SEMINAR NASIONAL KEPERAWATAN : Penggunaan Herbal Dalam Kesehatan Perempuan

PENGETAHUAN IBU DAN REAKSI SIBLING RIVALRY PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH (3-5 TAHUN) 1 DI KOMUNITI INDONESIA MESAIEED QATAR 2012

Sri Rejeki (Unknown)
Amin Samiasih (Unknown)
Tri Astuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2014

Abstract

Latar belakang : Kehadiran seorang saudara baru (bayi) adalah pengalaman yang sulit bagi sebagian besar anak usia pra-sekolah, karena mereka menyadari bahwa kasih sayang, afeksi dan perhatian dari orangtuanya harus terbagi. Ibu yang memiliki cukup pengetahuan  tentang penanganan sibling rivalry akan segera cepat mengenali reaksi sibling rivalry pada anaknya terutama pada awal-awal kelahiran bayinya dan mengetahui cara yang tepat mengurangi efeknya terhadapanaknya yang lain. Tujuan penelitian : Penelitian  bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu terhadap sibling rivalry pada anak usia pra sekolah (35 tahun) di komuniti Indonesia Mesaieed Qatar. Jenis Penelitian:  Desain penelitian menggunakan deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dan Sampel : Populasi penelitian  adalah semua ibu di komuniti Indonesia Mesaieed  Qatar  yang memiliki anak pra sekolah (3-5 tahun) sekaligus  infant (0-1 tahun). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 responden yang merupakan total dari populasi sehingga teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Hasil : Hasil penelitian dapat didapatkan bahwa pengetahuan ibu kategori  kurang  sebanyak 16 orang (53,3%) dan reaksisibling rivalry pada anak usia pra sekolah terbagi sama rata antara kategori sering dan jarang yaitu  50%. Pengetahuan ibu berhubungan  terbalik dengan reaksi sibling rivalry (P-value 0,009), dengan kata lain semakin baik pengetahuan ibu maka semakin jarang kejadian sibling rivalry pada anak usia pra sekolah(r 0,558).

Copyrights © 2012