PROSIDING SEMINAR NASIONAL
2018: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN SAINS DAN TEKNOLOGI

FASE DEVELOPMENT: PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK SMA KELAS XII

Lutfiana Kartika Dewi (Unknown)
Fitria Fatichatul Hidayah (Unknown)
Endang Tri Wahyuni Maharani (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan buku petunjuk praktikum kimia berbasis guided inquiry yang valid, praktis, dan mendapat tanggapan positif dari penggunanya. Desain penelitian yang digunakan yaitu Research and Development. Desain ini menggunakan Three-D Models yaitu Define, Design, and Development. Namun, pada artikel ini data yang dibahas adalah data yang diperoleh dari tahap Development. Pengumpulan data pada tahap Development menggunakan metode angket dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakanmetode analisis deskriptif kuantitatif. Secara kuantitatif, data hasil penelitian dianalisis dengan cara menghitung rerata skor dan menentukan kriteria pada interval kelas tertentu. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa buku petunjuk praktikum kimia berbasis guided inquiry memperoleh rerata skor uji kepraktisan peserta didik sebesar 38,8 yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Hasil rerata skor uji kepraktisan guru sebesar 66 yang termasuk dalam kategori praktis. Penilaian ini bersifat menyeluruh untuk kedua buku yangdikembangkan. Selain itu, data angket uji keterlaksanaan memperoleh skor 38 yang menunjukkan bahwa buku petunjuk praktikum kimia berbasis guided inquiry mendapat tanggapan positif dari penggunanya. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa buku petunjuk praktikum kimia berbasis guided inquiry dinyatakan praktis dan mendapat tanggapan positif dari penggunanya sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia. Kata Kunci: Buku Petunjuk Praktikum Kimia, Guided Inquiry

Copyrights © 2018