E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
VOLUME.05.NO.07. TAHUN 2016

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA TERHADAP KEPUASAN DAN WORD OF MOUTH NASABAH

Arya Nugraha Suryaatmaja (Fakultas Ekonomi Universitas Udayana)
Ni Wayan Sri Suprapti (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana)
Ni Nyoman Kerti Yasa (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2016

Abstract

Kualitas pelayanan dan Citra yang didukung oleh Kepuasan dan Word of Mouth merupakan elemen penting yang wajib diperhatikan oleh manajemen PT Bank Pembangunan Daerah Bali untuk memenangkan persaingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah, pengaruh citra perusahaan terhadap kepuasan nasabah, pengaruh kepuasan nasabah terhadap Word of Mouth nasabah, pengaruh kualitas pelayanan terhadap word of mouth nasabah, serta pengaruh citra perusahaan terhadap word of mouth nasabah. Penelitian ini dilakukan pada PT Bank BPD Bali Cabang Mangupura. Sampel yang digunakan sebanyak 165 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Structural Equation Modelling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Citra berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah. Kepuasan Nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap WOM. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap WOM. Kemudian, Citra berpengaruh positif dan signifikan terhadap WOM. Disarankan kepada pihak manajemen PT Bank Pembangunan Daerah Bali Cabang Mangupura agar lebih meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat memberikan kepuasan maksimal kepada nasabah, di samping tetap menjaga citranya dengan lebih banyak membuat pemberitaan kinerja unggul di media, memperbanyak kegiatan Corporate Social Responsibilities (CSR), serta terus berusaha meraih prestasi yang bisa membangun brand awareness dan corporate image.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

EEB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (EEB) is an electronic scientific journal that publishes the results of economic and business studies. EEB is published periodically every month with an online format. EEB Editor receives written results of studies in the fields of economics, ...