E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
VOLUME.07.NO.03.TAHUN 2018

PENDEKATAN TAM DALAM LAYANAN GO-MASSAGE PADA APLIKASI GO-JEK

Ni Putu Wulan Widasari (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana)
I Made Wardana (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana)
Putu Yudi Setiawan (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2018

Abstract

ABSTRAK Tujuan Penelitian ini menjelaskan pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, dan persepsi risiko terhadap sikap dan niat beli Go-Massage pada aplikasi Go-Jek. Populasi penelitian ini tidak terbatas (infinite) yang merupakan pengguna aplikasi Go-Jek di Kota Denpasar. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik non-probability sampling dengan total responden berjumlah 120 orang. Temuan penelitian ini menunjukkan persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap. Selanjutnya hasil penelitian juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan persepsi manfaat dan sikap terhadap niat beli. Sebaliknya, persepsi risiko berpengaruh negatif dan signifikan terhadap sikap dan niat beli. Implikasi teoritis pada penelitian ini adalah penelitian ini memperkuat teori sikap khususnya Technology Acceptance Model yang dikemukakan oleh Davis (1989). Implikasi praktis berguna bagi perusahaan untuk mendalami konstruk yang memberikan pengaruh besar terhadap niat beli. Untuk kedepannya, perusahaan disarankan lebih berfokus pada persepsi manfaat guna mendorong niat beli konsumen terhadap layanan Go-Massage yang ditawarkan pada aplikasi Go-Jek Kata kunci: TAM, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Persepsi Risiko, Sikap, dan Niat Beli

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

EEB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (EEB) is an electronic scientific journal that publishes the results of economic and business studies. EEB is published periodically every month with an online format. EEB Editor receives written results of studies in the fields of economics, ...