JURNAL BISNIS STRATEGI
Vol 17, No 1 (2008): Juli

INOVASI DAN ASET STRATEJIK DALAM PENINGKATAN KINERJA PERUSAHAAN: MODEL EMPlRIK TERINTEGRASI BERJENJANG PADA INDUSTRI FARMASI DI INDONESIA.

Sufian, Syuhada (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2008

Abstract

Penelitian empirik yang berkaitan dengan inovasi dan aset stratejik, masih relative Jarang dilakukan di Negara berkembang. Penelitian inf bertujuan untuk membangun model peningkatan kualitas aset stratejik dan inovasi secara terintegrasi berjenjang dalam peningkatan kinerja perusahaan. Penelitian menggunakan model two step approach sequential equation modelling dengan responden manager papan atas sebanyak 121 perusahaan farmasi di lndonesia. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan kinerja perusahaan diperoleh terutama dari pengembangan kualitas aset stretejik yang didukung oleh pengembangan strategi inovasi. Pengembangan aset stratejik dilakukan dengan peningkatan proses pembelajaran organisasional internal dan proses pembelajaran eksternal. Proses pembelajaran organisasional eksternal dipengaruhi oleh kualitas aliansi stratejik yang didukung oleh budaya orientasi pasar. Proses pembelajaran organisasional eksternal ini belum banyak berperan dalam peningkatan inovasi yang berpengaruh langsung terhadap kinerja perusahaan.

Copyrights © 2008






Journal Info

Abbrev

jbs

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bisnis Strategi ( P-ISSN : 1410-1246, E-ISSN : 2580-1171 ) is an open access and peer-reviewed published by Department of Magister Management, Faculty of Economics and Business, Universitas Diponegoro, Indonesia. This journal published twice a year (juli and desember). The scope of journal is ...