Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan perangkat pembelajaran, peningkatan soft skill dan pemahaman konsep, serta respon siswa. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R & D). Hasil menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis masalah pada materi hidrolisis garam yang dikembangkan memiliki kriteria valid dengan rata-rata skor sebesar 3,57, adanya peningkatan soft skill siswa dengan N-Gain sebesar 0,46 dalam kategori sedang, sebanyak 72,72% siswa mencapai ketuntasan soft skill dengan kriteria tinggi atau sangat tinggi, pemahaman konsep siswa juga meningkat dengan perolehan N-Gain sebesar 0,69 dalam kategori sedang, sebanyak 84,85% siswa mencapai ketuntasan belajar dengan KKM ââ°Â¥ 76, serta siswa memberikan respon positif.àThis study aimed to analyze learning tools validity, soft skills improvement, concept understanding and studentsââ¬â¢ responses. The metode of this research is Research and Development (R & D). The results show that problem-based learning tools categorized valid with an average score of 3,57, the improvement of studentsââ¬â¢ soft skills was available with N-Gain of 0.46, the number of 72, 72% students whom achieving mastery of soft skills with a high or very high criteria, the concept understanding of students also increased by providing N-Gain of 0.69, the number of 84.85% students whom achieving score completeness KKM ââ°Â¥ 76, this study also obtained student positive responses.
Copyrights © 2013