Asuransi jiwa  merupakan  bisnis  dimana konsumen  biasanya  kurang  memiliki kemampuan untuk mengevaluasi produk utama.  Asuransi jiwa divisi kumpulan AJB Bumiputera  1912  adalah  satu  dari  perusahaan  asuransi  di  Indonesia  yang mempunyai komitmen tinggi tentang asuransi jiwa dan memberi konstribusi keuntungan kepada perusahaan berupa coverage risk.  Berdasar hasil survey pasar asuransi di jawa  tengah telah terjadi penurunan minat pelanggan pada asuransi corporate  terutama  di  AJB  Bumiputera  1912.  Berdasarkan kasus tersebut dan penelitian dari Selnes ( 1993) yang menyatakan untuk bisnis asuransi ditemukan pengaruh  yang  negatif antara  kualitas  kinerja  pelayanan,  kepuasan pelanggan, reputasi perusahaan dan loyalitas pelanggan maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di bisnis asuransi.  Penelitian ini mencoba menganalisis faktor-faktor yang berkaitan dengan konsep "kualitas kinerja pelayanan" seperti kemampuan memberikan dan melaksanakan pelayanan jasa dan variabel-variabel yang mendukungnya.
Copyrights © 2004