JURNAL SAINS PEMASARAN INDONESIA
Vol 4, No 2 (2005): September

ANALISIS PENGARUH SEGMENTASI PASAR, PERIKLANAN, EKUITAS MEREK, DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi Empiris Pada lndustri Rokok Kretek Di Provinsi JawaTengah)

Purnomo, Bambang Agus (Unknown)
Mudiantono, Mudiantono (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2017

Abstract

Upaya meningkatkan kinerja pemasaran dapat secara optimal dicapai apabila perusahaan memiliki keunggu/an bersaing. Untuk memperoleh keunggulan bersaing, perusahaan membutuhkan pengetahuan mengenai segmentasi pasar, periklanan dan ekuitas merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh segmentasi pasar. periklanan. ekuitas merek dan keunggulan kompetitif terhadap kinerja pemasaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM). Berdasarkan hasil penelitian, dari keempat variabel yaitu segmentasi pasar, periklanan, ekuitas merek, dan keunggulan kompetitif dalam penelitian ini secara signifikan berpengaruh meningkatkan kinerja pemasaran. Dengan demikian hasil penelitian ini telah menunjukan bahwa variabel-variabel tersebut perlu lebih diperhatikan oleh pihak manajemen di perusahaan rokok kretek yang meliputi: (1) usaha untuk melakukan segmentasi pasar yang terarah, (2) usaha memperkuat periklanan, (3) usaha untuk membangun ekuitas merek, (4) usaha untuk memperkuat keunggulan kompetitif dan (5) usaha untuk meningkatkan kinerja pemasaran.

Copyrights © 2005