JURNAL SAINS PEMASARAN INDONESIA
Vol 17, No 3 (2018): Desember

STUDI PENGARUH SUSCEPTIBILITY TO GLOBAL CONSUMER CULTURE (SGCC) TERHADAP MINAT BELI SEPATU SECARA ONLINE PADA GENERASI MILLENIALS

Sari, Bekti Pradina (Unknown)
Soesanto, Harry (Unknown)
Raharjo, Susilo Toto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2019

Abstract

Pada saat ini terdapat fenomena unik di kalangan Gen Y ketika teknologi membuat segalanya menjadi lebih mudah, yaitu terjadinya pergeseran perilaku dan pola berbelanja offline menjadi online.Fakta bahwa Pasar E-commerce ini begitu diminati, memberikan dampak yang baik bagi pelaku bisnis dan konsumen, dimana konsumen cenderung membeli barang branded melalui internet secara online di website E-commerce, Website yang akan dijadikan objek adalah Zalora. Penelitian ini mengacu pada penelitian terdahulu, menggunakan variabel social prestige, Internet technology readiness, Quality perception, dan Brand credibility, untuk mengukur pengaruhnya terhadap Susceptibility to Global Consumer Culture (SGCC) dan minat pembelian online konsumen. Objek pada penelitian ini adalah Generasi millenials dengan skala umur 18-35 tahun yang merupakan pengguna website E-commerce khususnya Zalora, yang tersebar di Jakarta, Semarang dan Surabaya. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM). Temuan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel social prestige dan internet technology readiness terhadap SGCC dan SGCC memberikan pengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen.

Copyrights © 2018