JURNAL SAINS PEMASARAN INDONESIA
Vol 13, No 1 (2014): Mei

ANALISIS PENGARUH KEUNIKAN DESAIN KEMASAN PRODUK, KONDUSIVITAS STORE ENVIRONMENT, KUALITAS DISPLAY PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IMPULSIF (Studi pada Pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang)

Dhameria, Vita (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2014

Abstract

Pengelolaan bisnis ritel tidak sekedar hanya membuka toko dan mempersiapkan barangbarangyang lengkap tetapi lebih dari itu. Pengelolaan bisnis ritel harus melihat dan mengikutiperkembangan teknologi agar dapat berhasil dan mempunyai keunggulan bersaing. Keunggulanyang dimiliki pengusaha ritel ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggannya.Semakin pesatnya perkembangan retail modern didasarkan pada keinginan Pasaraya SriRatu Pemuda Semarang untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya. Seseorang membelibarang atau jasa karena keinginan (wants) dan kebutuhan (needs). Selain itu terdapat kebutuhanfungsional terkait dengan rutinitas seperti memenuhi kebutuhan keluarga, mencari harga murah,dan sebagainya. Selain itu, orang membutuhkan hal tersebut untuk memuaskan emosionalnya.Pada saat ini dalam perilaku pelanggan telah terjadi pergeseran perilaku (perubahan perilaku).Perilaku orang yang berbelanja dengan terencana menjadi tidak terencana. Orang yang tidakterencana berfikir pendek dan mencari yang serba instan dan mencari produk yang bisamemberi keuntungan jangka pendek untuk menyelesaikan masalah yang ada di depan matasaja.Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh keunikan desain kemasan produk, kondusivitasstore environment, kualitas display produk terhadap keputusan pembelian impulsif studi pasaPasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang. Sampel dalam penelitian ini yaitu pelanggan PasarayaSri Ratu Pemuda Semarang dengan usia diatas 18 tahun yang diharapkan mereka fahamatas pertanyaan yang diajukan dalam kuesioner. Jumlah responden sebanyak 120 responden.Teknik analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Model) AMOS 21.0. Modelpenelitian yang diajukan dapat diterima dengan asumsi nilai dari standardized residual covariancetidak ada yang melebihi ± -2,58 atau ± 2,58. Pengukuran terhadap konstruk eksogen danendogen di uji menggunakan analisis konfrimatori dan uji kelayakan full model dianalsismenggunakan SEM dimana nilai dari Goodness of Fit untuk Chi-square 104,652; 0,034;RMSEA 0,051; GFI 0,903; AGFI 0,854; TLI 0,977; CFI 0,982; NFI 0,931; CMIN/DF 1,308.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model yang diajukan dapat diterima.Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa keunikan desain kemasan produk berpengaruhpositif dan tidak signifikan terhadap daya tarik emosional produk, keunikan desain kemasanproduk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian impulsif.kondusivitas store environment berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya tarik emosional,kondusivitas store environment berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelianimpulsif. kualitas display produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya tarik emosionalproduk, kualitas display produk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusanpembelian impulsif.

Copyrights © 2014