Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia
Vol 2, No 1 (2008): January 2008

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBASIS SAVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI

Kusuma, Ersanghono ( Jurusan Kimia FMIPA UniversitasNegeri Semarang Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229)
Wijayati, Nanik ( Jurusan Kimia FMIPA UniversitasNegeri Semarang Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229)
Wibowo, Langgeng Setyo ( Jurusan Kimia FMIPA UniversitasNegeri Semarang Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2011

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis SAVI merupakan suatuperpaduan metode pembelajaran yang menuntut siswa untuk lebih aktif, kritis dalammenyelesaikan masalah. Pendekatan SAVI memberikan kolaborasi keintelektualan siswayang didukung aspek auditori dan visual dalam pembelajaran serta melatih siswa untukmampu menyelesaikan masalah yang ditemuinya. Subyek dalam penelitian tindakan kelasini adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri I Wirosari. Data diambil dengan menggunakantes dan lembar observasi. Rerata hasil belajar Kimia siswa pada pokok bahasan Laju Reaksisebelum diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis SAVI 58,49(ketuntasan klasikal 55,81%). Nilai rata-rata siklus I, II dan III berturut-turut adalah 64,84 (ketuntasan klasikal 69,77%), 68,93 (ketuntasan klasikal 79,07%), dan 74,79 (ketuntasanklasikal 86,05%). Hasil belajar yang dicapai dari siklus ke siklus menunjukkan adanyapeningkatan. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Kimia siswa denganditerapkannya model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis SAVI. Berdasarkan hasilpenelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis SAVIdapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan Laju Reaksi.Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, NHT, SAVI

Copyrights © 2008