Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia
Vol 3, No 1 (2009): January 2009

PENGARUH PEMBELAJARAN ELABORASI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA

Miswadi, Siti Sundari (Unknown)
Nuswowati, Murbangun (Unknown)
-, Wasi’ah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2011

Abstract

Pembelajaran  bermakna merupakan  suatu  proses  yang mengaitkan  informasi baru pada konsep relevan yang terdapat dalam struktur kognitif seseorang. Pembelajaran elaborasi merupakan  salah  satu  pembelajaran  bermakna  yang mengaktifkan  kognitif siswa sehingga memudahkan dalam memahami konsep-konsep baru. Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran elaborasi dilakukan eksperimen dengan mengambil sampel dari kelas X secara cluster random sampling, sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis data, hasil belajar kelompok eksperimen  lebih  baik  dari  pada  kelompok  kontrol,  yang  berarti  pembelajaran  elaborasi berpengaruh terhadap hasil belajar kimia pada materi hidrokarbon kelas X di SMA Negeri 11 Semarang. Besarnya pengaruh pembelajaran elaborasi 13,7465% dan tergolong rendah. Secara  keseluruhan,  hasil  belajar  afektif  dan  psikomotorik  kelompok  eksperimen  lebih baik dari hasil belajar kelompok kontrol, sedangkan hasil angket refl eksi siswa terhadap pembelajaran, siswa senang dengan pembelajaran elaborasi. Kata Kunci : pembelajaran elaborasi, hasil belajar

Copyrights © 2009