PembelajaranÃÂ bermakna merupakanÃÂ suatuÃÂ prosesÃÂ yang mengaitkanÃÂ informasi baru pada konsep relevan yang terdapat dalam struktur kognitif seseorang. Pembelajaran elaborasi merupakanÃÂ salahÃÂ satuÃÂ pembelajaranÃÂ bermaknaÃÂ yang mengaktifkanÃÂ kognitif siswa sehingga memudahkan dalam memahami konsep-konsep baru. Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran elaborasi dilakukan eksperimen dengan mengambil sampel dari kelas X secara cluster random sampling, sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis data, hasil belajar kelompok eksperimenÃÂ lebihÃÂ baikÃÂ dariÃÂ padaÃÂ kelompokÃÂ kontrol,ÃÂ yangÃÂ berartiÃÂ pembelajaranÃÂ elaborasi berpengaruh terhadap hasil belajar kimia pada materi hidrokarbon kelas X di SMA Negeri 11 Semarang. Besarnya pengaruh pembelajaran elaborasi 13,7465% dan tergolong rendah. SecaraÃÂ keseluruhan,ÃÂ hasilÃÂ belajarÃÂ afektifÃÂ danÃÂ psikomotorikÃÂ kelompokÃÂ eksperimenÃÂ lebih baik dari hasil belajar kelompok kontrol, sedangkan hasil angket refl eksi siswa terhadap pembelajaran, siswa senang dengan pembelajaran elaborasi.ÃÂ Kata Kunci : pembelajaran elaborasi, hasil belajar
Copyrights © 2009