Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 45, No 1 (2012): April, 2012

Penguasaan Makna Kata, Simbolisme, Tipografi, dan Kemampuan Membuat Parafrase Sajak Modern Indonesia.

Sumantri, Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2012

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menemukan (1) tingkat penguasaan makna kata, simbolisme, dan tipografi yang dimiliki oleh mahasiswa S1 PGSD, (2) tingkat kemampuan mahasiswa S1 PGSD dalam membuat parafrase sajak modern Indonesia, dan (3) untuk mencari hubungan antara penguasaan makna kata, simbolisme, tipografi dan kemampuan membuat parafrase sajak modern Indonesia pada mahasiswa S1 PGSD. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Data dianalisis dengan analisis regresi dengan SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan dan hubungan variabel adalah seperti berikut ini. Pertama, penguasaan makna kata, simbolisme, tipografi, dan kemampuan membuat parafrase sajak modern Indonesia tergolong cukup. Kedua, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan makna kata, simbolisme, tipografi dan kemampuan membuat parafrase sajak modern Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar semua pihak dalam perkuliahan memberikan perhatian yang lebih intensif dan lebih ekstensif pada materi sajak modern Indonesia. Kata-kata Kunci: makna kata, simbolisme, tipografi, parafrase, sajak.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs ...