Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 46, No 2 Juli (2013)

Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Mening-katkan Hasil Belajar Matematika

Ratnaya, I Gede (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa, (2) meningkatkan hasil belajar matematika siswa, dan (3) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap implementasi model kooperatif tipe group investigation (GI) pada pembelajaran Matematika. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IA SMA Lab Undiksha semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Data aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan tanggapan siswa dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) skor aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari 90,4 pada siklus I menjadi 92,48 pada siklus II dengan kualifikasi cukup aktif, aktif, sampai sangat  aktif sebanyak 63% pada siklus I  dan 75% pada siklus II; (2) skor hasil belajar matematika siswa mencapai 83,29 pada siklus I dan 70,14 pada siklus II; dan (3) 68,57% siswa memberikan tanggapan setuju dan sangat setuju terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI pada pembelajaran Matematika. Kata-kata Kunci:group investigation, pembelajaran kooperatif, hasil belajar matematika

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs ...