Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 43, No 3 (2010): Oktober 2010

MODEL PROJECT BASED-LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA

Rais, Muh. (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2010

Abstract

Penelitian ini merupakan kegiatan pasca pengembangan, yaitu uji efektivitaspenerapan Project Based Learning (PBL) dalam rangka meningkatkan prestasi akademikmahasiswa. Tujuannya adalah untuk melihat prestasi belajar mahasiswa yang meliputi kecakapanakademik dan kecakapan motorik. Penelitian ini menggunakan 30 orang mahasiswa semester Vjurusan Teknik Mesin UNM. Penelitian ini menggunakan rancangan pra-eksperimen danmenggunakan analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model PBL yangdikembangkan memuat materi pembelajaran, skenario pembelajaran, panduan pembelajaran modelPBL, dan format lembar kerja mahasiswa yang telah memenuhi kriteria keberterimaan, yangmeliputi aspek: kegunaan, ketepatan dan kelayakan dan (2) terdapat perbedaan skor rata–ratapretest dan posttest untuk pengetahuan perancangan mesin. Rata-rata skor pretest adalah 62,3 danskor posttest adalah sebesar 81,58. Perbedaan nilai rata-rata skor ini menunjukkan peningkatanyang cukup signifikan dalam hal prestasi akademik mahasiswa.Kata-kata kunci: pembelajaran berbasis projek, prestasi akademik, perancangan mesin

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs ...