Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 41, No 1 (2008): April 2008

Penerapan Siklus Belajar Experiential Untuk Meningkatkan Kompetensi Dasar Fisika Siswa Kelas x di SMA Negeri 2 Singaraja

Sutarno, Erwin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2008

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dasar fisika siswa kelas X SMA Negeri 2 Singaraja menggunakan pembelajaran modul praktikum fisika berbasis kompetensi dengan siklus belajar experential. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan melibatkan 41 siswa semester II. Penelitian tindakan ini terdiri dua siklus. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar siswa dalam aspek kognitif, tes keterampilan dalam aspek psikomotor, lembar observasi untuk aspek afektif, dan angket untuk respon siswa. Data kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotor; dan juga peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan modul praktikum fisika. Hasil analisis terhadap respon siswa menunjukkan bahwa siswa memiliki respon positif terhadap pembelajaran   Kata kunci : modul praktikum fisika berbasis kompetensi, siklus belajar experiential, kompetensi dasar fisika, aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.

Copyrights © 2008






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs ...