Pendidikan adalah hal yang mendasar untuk mencapai tujuan berkelanjutan. Pendidikan untukPembangunan Berkelanjutan (PUPB) diharapkan dapat membantu perubahan sikap dan perilakululusan baik sebagai individu, profesional, atau konsumen, produsen, dan masyarakat padaumumnya untuk melakukan tanggung jawab dan tugas-tugas kolektifnya. Tulisan ini menekankanpada subjek peran pendidikan tinggi dalam menghasilkan professional yang dapat memimpinperubahan ke arah masa depan yang lebih berkelanjutan. Untuk tujuan tersebut, ada tiga pertanyaanyang diajukan dalam tulisan ini yaitu: (1) mengapa mahasiswa perlu dibekali pengetahuandan pemahaman tentang pembangunan berkelanjutan?; (2) kompetensi apa dalam wilayah pengetahuandan pemahaman, keterampilan dan kemampuan serta sikap yang harus diberikan oleh pihakperguruan tinggi dalam menunjang upaya berkelanjutan?; (3) bagaimana perguruan tinggi harusmelakukan reorientasi kurikulum untuk menunjang pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan?Kata-kata kunci: pendidikan tinggi, pembangunan berkelanjutan, reorientasi kurikulum
Copyrights © 2010